Pacuan Kuda Bupati dan Wabup Minahasa Cup Sukses Digelar

Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi ,Bendi Kalaper , Minahasa Cup TOMPASO, (manadotoday.co.id) – Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper memperebutkan Trophy Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, Jumat (22/02/2019), sukses digelar.

Mangalah saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan atas perkenanan Tuhan kita boleh melaksanakan lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper, yang dilaksanakan atas kerja sama Pemda Sulut dengan Pordasi Sulut, dan juga dalam rangka memperingati 3 tahun kepemimpinan OD-SK.

“Kegiatan ini juga merupakan pra seleksi Kejurnas yang akan berlangsung di Jawa Timur , ” ujar Mangalah.

Sementara itu, sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan oleh Wakil Bupati Minahasa mengatakan, sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan sejahtera, maka olahraga menjadi salah satu sarana pembinaan dan pembentukan karakter bangsa melalui penyelenggaraan berbagai kompetisi serta pembinaan dan pembudayaan olahraga, disamping guna meningkatkan kebugaran dan kesehatan masyarakat juga mendorong lahirnya bibit-bibit olahragawan yang kedepannya menjadi atlet berprestasi, mewujudkan ketahanan sosial melalui persaudaraan, sportivitas, disiplin dan karakter yang tangguh.

Selain itu dapat melestarikan warisan leluhur yang sarat dengan nilai budaya dan adat istiadat selanjutnya mampu menarik perhatian para wisatawan baik internasional maupun domestik yang berdampak pada pengembangan sektor pariwisata melalui pembudayaan jenis-jenis olahraga rekreasi, olahraga ekstrim dan olahraga tradisional termasuk pacuan kuda, roda sapi dan bendi kalaper yang diselenggarakan saat ini.

“Penyelenggaraan lomba saat ini kiranya akan menggelorakan kembali gerakan’ Ayo Olahraga’ sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dalam menunjang kebijakan revolusi mental melalui olahraga serta peningkatan pembangunan sumberdaya manusia yang berbudaya dan berdaya saing,” ujar Dondokambey.

Lanjutnya, melalui kegiatan ini juga dia mengajak para peserta untuk terus menopang Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa melalui partisipasi aktif dan keterlibatan dalam pengembangan olahraga di kabupaten Minahasa.

 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan lomba Roda Sapi dan Bendi Kalaper kemudian dilanjutkan dengan lomba berkuda sebanyak 12 race, memperebutkan trophy Bupati dan Wakil Bupati Minahasa serta Forkopimda Minahasa dengan total hadiah sebesar Rp 137.500.000.

Turut hadir Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, Kapolres Minahasa AKBP. Denny Irawan Situmorang SIK, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sudjatmiko SH MH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo S.Sos MSi, Kaban Kesbangpol Prov. Sulut Drs Mecky Onibala M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa selaku Ketua Panitia Dr Denny Mangala M.Si, Kadis Dispora Minahasa Sekretaris Panitia, Kadis Pemuda dan Olah raga Siby Sengke S.Sos, Camat Tompaso Barat Stefri V. Pandey ST MAP, Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut Ferry M K A Wowor, Ketua Pordasi Minahasa sebagai Wakil Ketua Panitia Hansje Poli SE, Plt Kadis Perhubungan, Plt Kasat Pol PP.(rom)