Terobosan Bupati ROR di Kementrian PUPR RI Hasilkan Sejumlah Proyek di Minahasa

Kementrian PUPR RI ,  Royke Oktavian Roring , Dr Ir Danis Hidayat Sumadilaga, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Perjuangan Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) untuk memajukan Kabupaten Minahasa kembali membuahkan hasil memuaskan. Kali ini, upaya pemerintah mendorong kemajuan pembangunan di sejumlah sektor vital dipastikan mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dukungan tersebut dipastikan setelah Bupati melakukan pertemuan dengan Dirjen Cipta Karya Dr Ir Danis Hidayat Sumadilaga, MEng.Sc yang juga selaku Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Pusat, Jumat (22/2/2019).

Pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepakatan strategis untuk kemajuan daerah Minahasa. Yang pertama dukungan Kementerian PUPR dalam perencanaan pembangunan kawasan Kota Tondano dan Danau Tondano.

“Termasuk juga didalamnya ada rehabilitasi Danau Tondano yang akan mendapat perhatian serius dari kementerian PUPR,” jelas Bupati ROR yang juga selaku Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Sulawesi Utara.

Selain itu, Kementerian PUPR melalui Dirjen Cipta Karya telah menyatakan kepedulian akan perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Minahasa.

“Jadi dalam pertemuan itu pak Dirjen sudah menyampaikan kesiapan pihaknya untuk memberikan bantuan rehabilitasi sekolah untuk Kabupaten Minahasa, baik di tingkat SD maupun SMP. Juga penyiapan sarana olahraga sekolah termasuk toilet di sekolah,” papar Bupati.

Tak hanya itu, salah satu poin yang jadi pembahasan dalam pertemuan antara Bupati dan Dirjen Cipta Karya yakni terkait pengolahan sampah serta pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Mengingat jarak antar kecamatan di Minahasa ada cukup jauh maka memang perlu ada penambahan lokasi TPA, dan puji Tuhan pak Dirjen juga berjanji akan memperhatikan hal ini,” ungkap Bupati ROR.

Poin terakhir yang menjadi hasil pertemuan tersebut yaitu program penyediaan air bersih Dirjen Cipta Karya bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minahasa.

“Tentu apa-apa yang telah dibahas dalam pertemuan ini akan ditindaklanjuti secara bertahap, dan ini adalah demi kemajuan pembangunan dan peningkatah kesejahteraan masyarakat di Minahasa,” ujar Bupati sambil mengatasnamakan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Minahasa mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Kementerian PUPR, dalam hal ini Menteri Basuki Hadimuljono dan Dirjen Cipta Karya Dr Ir Danis Hidayat Sumadilaga, MEng.Sc.

“Yang terutama kita sampaikan terima kasih juga kepada pak Presiden Joko Widodo yang selama pemerintahannya hampir lima tahun ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi pembangunan daerah, termasuk di Kabupaten Minahasa,” pungkas Bupati.

Diketahui, pertemuan ini ikut melibatkan sejumlah pihak terkait, diantaranya Direktur Bina Penataan Bangunan Iwan Suprijanto, ST, MM dan Pejabat Kementerian PUPR Ir. Rido Matari Ichwan, MCP yang juga merupakan cucu dari DR. Samratulangi. (rom)