Komandan Kodim 1302 Slamet Raharjo Irup Pembukaan Pramuka Saka Wira Kartika se-Sulut

Komandan Kodim 1302, Slamet Raharjo,  Saka Wira Kartika se-SulutTOMBATU, (manadotoday­.co.id) – Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, jadi Inspektur Upacara (Irup) pada pembukaan lomba Hiking Tingkat Penggalang/Pandega, bertempat di lapangan Desa Tombatu Tiga, Kecamatam Tombatu Utara, Jumat (22/2/2019).

Dalam sambutannya, Raharjo menyampaikan puji dan syukur kahadiran Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat dan hidayatnya sehingga kegiatan ini bisa digelar.

“Pada kakak-kakak dan adik-adik pramuka pada kesempatan ini saya berterima kasih bisa bersama-sama dengan kalian sebagai generasi muda mari kita bersama-sama mensukseskan lomba Hiking Tingkat Penggalang Pandega,”ujar Raharjo.

Lanjut Raharjo, dalam rangka mengembangkan, meningkatkan, serta menciptakan generasi muda yang beriman, bertaqwa, berkepribadian yang luhur, disiplin serta bertanggung jawab, maka dengan kegiatan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika di wilayah Minahasa Tenggara sebagai wadah generasi muda untuk meningkatkan minat dan bakat serta mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berjiwa Nasionalisme, berwawasan Kebangsaan dalam upaya menyiapkan sumberdaya Manusia yang berhasil guna.

“Kegiatan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan wada para generasi muda untuk meningkatkan minat dan bakat sebagai generasi penerus bangsa yang berjiwa Nasionalisme, berwawasan Kebangsaan,”kata Raharja.

Lebih lanjutnya, dengan adanya lomba hiking tingkat Penggalang dan lintas tradisional tingkat Penegak/Pandega sebagai ajang kompetisi antar gugus depan dan Satuan karya Se-Sulawesi Utara, akan menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan Gerakan Pramuka sebagai wadah Organisasi pemuda untuk menangkal pengaruh-prngaruh negatif dari modernisasi, kemajuan teknologi, serta pengaruh bahaya narkoba, seks bebas, dan radikalisme.

“Peranan gerakan Pramuka dalam membina kaum muda sangat signifikan. Dalam kaitannya dengan semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan Indonesia serta Bela Negara telah tercatat dengan Tinta Emas dalam sejarah kelahiran bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pertama dimulainya semangat kebangsaan yang ditandai oleh berdirinya Budi Utomo, yang kedua, diikuti oleh munculnya persatuan dan kesatuan Indonesia yang ditandai dengan lahirnya Sumpah Pemuda, dan yang ketiga, tekat bela negara yang ditandai oleh kesediaan berkorban untuk mempertahankan proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945,” ungkapnya.

Menurutnyam ketiga tonggak sejarah kelahiran Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berhasil dicapai dengan hasil yang sangat memuaskan, semuanya berkat dukungan dari elemen masyarakat, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi adik-adik peserta lomba untuk menjadikan pribadi yang mandiri, serta bekal dikemudian har, sehingga apa yang dicita-citakan bisa tercpai dan sukses serta sebagai pemegang tongkat estafet untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa.

“Untuk itu pada lomba ini diharapkan, untuk menjaga kekompakan dan junjung tinggi sportifitas, dan dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa kegiatan Lomba Hiking tingkat penggalang dan lintas Tradisional tingkat penegak/pandega Se-Sulawesi Utara pada hari ini saya nyatakan dengan resmi dibuka, ” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, Wakil Bupati Kab, Minahasa Tenggara Drs.Yesaya Joke Legi, Kabit Aset Kab, Mitra Lauren Manopo, Kadis Dispora Boyke Akey Camat Tombatu Fredy Kumesan, Pabung Mitra Mayor Cpl Frangky Kallo, Kapolsek Tombatu Iptu Wensy Saerang, Plh Danramil 1302-13/Tombatu Pelda Ferry Mewengkang, Para pelatih dan Pembina. (ten)

Add Comment