RD Harap Pemanfaatan Eceng Gondok Miliki Nilai Ekonomis dan Dongkrak PAD

Reporter : | 19 Feb, 2019 - 11:40 pm WITA

Royke O Roring M.Si, Eceng Gondok , danau tondanoTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si, menghadiri Rapat Koordinasi Pemanfaatan dan Penanggulangan Eceng Gondok (EG) di Danau Tondano, di ruang Sidang Kantor Bupati, Senin (18/2/2019.

Rapat ini membahas tentang Danau tondano yang merupakan kawasan strategis Nasional yang mempunyai berbagai fungsi tapi mulai mengalami degradasi.

“Ada beberapa permasalahan utama yang dihadapi yaitu kualitas air, penyempitan permukaan dan pendangkalan yang disebabkan adanya eceng gondok, ” ujar Roring.

Beberapa tim yang ada pada saat ini memaparkan bagaimana cara-cara memanfaatkan Eceng Gondok dengan dibuat kerajinan, diolah menjadi pupuk organik dan pupuk kompos, diolah menjadi bio gas dan listrik.

“Kami mengharapkan hasilnya dapat menambah nilai ekonomis, dan ada profit sharing untuk menjadi pendapatan hasil daerah (PAD), ” pinta Bupati.

Rapat tersebut juga hadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr. Sihar Wilford Siagian, MA, Kepala Dinas Pertanian Ir. Suhban Torar, dan Tim Pemanfaatan dan Penanggulangan Eceng Gondok.(rom)

Baca Juga :

Leave a comment