Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Perayaan Cap Go Meh Kota Manado

Reporter : | 19 Feb, 2019 - 11:26 pm WITA

Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Perayaan Cap Go Meh Kota Manado

Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Perayaan Cap Go Meh Kota Manado

MANADO, (manadotoday.co.id) – Hujan tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk menyaksikan aksi para Tang Sin dalam prosesi Cap Go Meh Pemerintah Kota Manado tahun 2019 yang digelar di Kawasan Pecinan Manado, Selasa (19/2/2019).

Ribuan masyarakat dari berbagai daerah, profesi, suku dan agama, tumpah ruah berjejer rapi di Kawasan Pecinan Manado, menunggu aksi para Ence Pia, sebutan warga lokal untuk para Tang Sin, serta atraksi lain, seperti tari Kabasaran dari Minahasa, parade mobil hias dari beberapa Klenteng, musik bambu dan Sat Pol PP Manado dengan drum band-nya, serta atraksi lain.

Salah satu warga yang mengaku datang dari Minahasa Selatan mengatakan, dia dan keluarganya hampir setiap tahun selalu datang ke Kota Manado untuk melihat perayaan Cap Go Meh.

“Dari dulu saya dan keluarga selalu datang ke Manado untuk menonton Cap Go Meh. Sangat seru melihat aksi para Ence Pia. Meski harus menyewa mobil tapi kami puas dengan perayaan Cap Go Meh tahun ini,”tutur Nando dengan dialek khas ‘orang gunung’ sambil memeluk anaknya yang masih berusia 3 tahun.

Ada juga Kheri, seorang pria yang berprofesi sebagai driver Gojek. Dia mengaku rela berhenti sejenak mencari nafkah hanya untuk melihat prosesi Cap Go Meh.

“Awalnya saya kesusahan mencari tempat parkir karena memang sangat banyak orang yang datang. Belum lagi harus berdesak-desakan untuk melihat paradenya, tapi tidak apa-apalah, ini momen satu tahun sekali dan memang yang disuguhkan sangat bagus,”ungkap Kheri, sambil pamit untuk kembali mencari nafkah.

Sekada informasi, prosesi Cap Go Meh tahun ini, memang beda dari tahun sebelumnya, karena tahun ini diikuti oleh 10 Klenteng yang ada di Kota Manado.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment