Walaupun Sebagai Kepala Daerah, James Sumendap Ternyata Juga Hobi Berkebun

kebun  James Sumendap,  James SumendapRATAHAN, (manadotoday­.co.id) РWalaupun menjadi orang nomor satu di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), namun jiwa seorang James Sumendap di bidang pertanian tidak pernah dilupakan, justru dia semakin giat menggerakkan masyarakat untuk berkebun dan bertani.

Terpantau saat mengunjungi kediaman Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, di lokasi Rimba Lamet, Desa Rasi I, Kecamatan Ratahan, merasa kagum saat melihat hamparan taman hijau serasi dengan kolam ikan hingga tanaman pohon berbagai jenis.

Salah satu pohon yang menarik untuk dilihat, adalah pohon durian jenis montong, yang kini sedang berbuah.

Ketua Jurnalis Minahasa Tenggara (JMT) Stenly Kalumata, Marchel Mekel dan Bams dari media Elnusa News mendampingi Kepala Bagian Humas Franky Wowor S.Sos M, melihat langsung kesaharian Bupati saat tidak menjalankan tugas di hari libur.

Dengan gaya santai, menggunakan setelan kaos oblong dan celana pendek warna hitam, Bupati dua periode ini, dengan menggunakan motor bergegas melihat lokasi kebun vanili, yang baru akan dikelolanya.

Tidak berapa lama, Sumendap kembali lagi ke lokasi Rimba Lamet, dan jalan kaki didampingi Kabag Humas Franky Wowor, menengok langsung pohon durian montong, yang sedang berbuah itu.

Usai melihat durian montong yang sudah hampir matang itu, Sumendap beristirahat sambil minum kopi di depan kediaman rumahnya.

Kami pun datang menghampiri Bupati yang terkenal dengan gaya ceplas-ceplos namun tegas itu, dan berbincang sejumlah hal, diantaranya hobi berkebun yang sepertinya tidak banyak diketahui orang.

“Saya terlahir dari anak petani jadi memang orang kebun,” singkat Sumendap, menjawab pertanyaan ESN dan Ketua Jurnalis Minahasa Tenggara (JMT) Stenly Kalumata.

Setelah beberapa menit berbincang, Sumendap kemudian bergegas lagi melihat lokasi lahan di sekitar rimba lamet yang bakal ditanami tanaman vanili.

“Semua akan saya kelilingi dengan tanaman vanili,” pungkasnya.(ten)

Add Comment