Sukses Seminar Sehari Refleksi 16 Tahun Minsel

Refleksi 16 Tahun Minsel, Gerbang Minsel, AMURANG, (manadotoday.co.id) – Lembaga Swadaya Masayarakat Gerbang Minsel, sukses melaksanakan seminar sehari dalam rangka merefleksikan 16 Tahun berdirinya Kabupaten Minahasa Selatan menjadi daerah otonom, Jumat (16/2/2019) belum lama ini.

Acara dengan tema “Meletakkan Kembali Dasar dan Tujuan Pemekaran Kabupaten Minahasa Selatan” dibuka langsung Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandow SH.

Dalam sambutannya, Kandow menyampaikan pujian syukur boleh hadir di kegiatan seminar sehari Refleksi 16 Tahun Kabupaten Minsel.

“Bersyukur, bersyukur dan bersyukur sebagai bagian dari masyarakat Minsel karena saya orang Rumoong Bawah dan Sekolah di Pinapalangkow boleh menghadiri seminar yang digagas LSM Gerbang Minsel,” katanya.

Pun demikian Kandow menuturkan letak Kabupaten Minsel yang strategis telah berhasil memberikan andil dalam kemajuan pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara. Apalagi dari catatan sejarah Minsel lebih khusus Amurang telah menjadi catatan sejarah berdirinya Provinsi Sulut, baik sejak era penjajahan hingga Kemerdekaan.

“Meskipun saat ini harus diakui masih ditemui berbagai kekurangan di berbagai sektor. Karena itu Bupati dan Wakil Bupati saat ini diharapkan akan terus melakukan pembenahan dan perbaikan dalam rangka kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Dikesemapatan yang sama.Senada Ketua Panitia Seminar Sehari Hengky Rumengan Bsc, menyampaikan pujian seminar yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Minsel, boleh berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

“Puji Tuhan seminar yang awali akan dilaksanakan sebelum HUT ke 16 Minsel boleh dilaksanakan. Terima kasih untuk Gubernur Sukawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandow, para pejuang Minsel dan seluruh pihak yang sudah membantu mensukseskan kegiatan ini,” tukasnya.

Sementara itu, Drs Inyo Koloay, MBA menjelaskan, bahwa seminar sehari ini adalah pertama dan sejarah. ‘’Pasalnya, sejak dimekarkan dari Minahasa, baru pertama kali digelar. Memang, sudah ada agenda dan jadwal digelar seminar. Akan tetapi, selalu gagal karena berbagai halangan. Olehnya, berkat bantuan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dan Wagub Sulut Steven Kandouw melalui anggaran Pemprov Sulut. Maka seminar sehari dapat berjalan dengan baik,’’ kata Koloay.

Sementara itu sejumlah elemen masyarakat yang hadir menyampaikan apresiasi dilaksanakannnya seminar sehari 16 Tahun berdirinya Minsel.

“Rumusan dari hasil seminar ini sangat baik menjadi referensi pemerintah saat ini untuk melakukan perbaikan layanan publik, pemeretaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga cita-cita perjuangan berdirinya Kabupaten Minsel dalam rangka keaejahteraan masyarakat akan terwujud,” ujar tokoh dan pejuang Kabupaten Minsel Andris Patyranie.

Diketahui seminar dengan dua sesi ini menjadi Narasumber yakni DR Max Rembang (Akademisi), DR Ferry D Liando (Akademisi/Pejuang Minsel) dan Drs Decky J Umpel (Pejuang Minsel). Sedangkan Moderator yakni Hendra Soenardji dan Setly Kohdong.

Turut hadir pada seminar ini Wakil Bupati Frangky Donny Wongjar, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sulut Gemi Kawatu, Anggota DPRD Boy Tumiwa, tokoh Agama dan tokoh masyarakat. (lou)

Add Comment