Ajak Warga Manado Hadiri Upacara Adat Tulude, Syarif Darea: Budaya Harus Dilestarikan

 Syarif Darea , Upacara Adat Tulude manado, pengurus Daerah Tidar Sulawesi Utara
Syarif Darea

MANADO, (manadotoday.co.id) – Syarif Darea, mengajak warga Manado, khususnya warga Tuminting, untuk turut meramaikan Upacara Adat Tulude, yang digelar Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) bekerja sama dengan Pemkot Manado, pada Jumat (14/2/2019) di lapangan Sparta Tikala.

Menurut Ketua Pengurus Daerah Tidar Sulawesi Utara (Sulut) ini, Tulude adalah salah satu budaya Nusa Utara, yang wajib dijaga dan dilestarikan.

“Ini jadi tanggung jawab semua pihak, bukan hanya warga asal Nusa Utara saja. Apalagi Manado adalah kota paling toleran di Indonesia. Kita harus menunjukkannya, minimal dengan cara ikut menyaksikan acara tersebut,” kata Darea, yang ternyata memiliki darah Sangihe.

Lanjutnya, beragam suku, adat dan budaya yang ada Indonesia harus dipelihara.

“Kita adalah Indonesia, yang terdiri dari beragam suku, adat dan budaya. Maka sebagai warga negara Indonesia, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melestarikannya,” tandas Syarif Darea.

Sekadar informasi, Upacara Adat Tulude Kota Manado tahun 2019, akan digelar pada Kamis (14/2/2019) hari ini, dengan pawai kue tamo dimulai dari Gereja Sentrum menuju lapangan Sparta Tikala yang menjadi pusat kegiatan digelar.(**/ryan)