KPU Tomohon Segera Rekrut 1.988 KPPS

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon dalam waktu dekat akan merekrut 1.988 personil Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 284 TPS se-Kota Tomohon.

Stenly Kowaas SP, Komisioner KPU Tomohon
Stenly Kowaas SP, Komisioner KPU Tomohon

“Setiap TPS nantinya akan diisi tujuh personil KPPS,” ujar Komisioner KPU Tomohon Stenly Kowaas SP.

Teknis perekrutan lanjut Kowaas, akan dilakukan okeh 44 kelurahan karena yang paling tahu kondisi adalah Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan.

”Bagi yang akan direkrut nanti, syarat utamanya yang bersangkutan tidak terafiliasi dengan partai politik, tim sukses atau tim kampanye calon anggota legislatif,” jelas Kowaas seraya menambahkan netralitas merupakan syarat utama penyelenggara Pemilu.

Untuk itu, semua pihak diminta saling mengawasi pada prosea rekrutmen KPPS.

”Setelah proses proses verifikasi administrasi, PPS akan melakukan uji publik dengan menempel papan pengumuman info kelurahan sehingga masyarakat bisa mengetahui siapa-siapa mereka dan nantinya bisa melakukan protes jika tak sesuai ketentuan,” jelas Kowaas.

KPU juga lanjut Kowaas, akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) agar hasil rekrutmen benar-benar berkualitas dan berintegritas. (ark)

Add Comment