Wawali Mor Hadiri Rakornas Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Makassar

wawali mor
Wawali Mor Hadiri Rakornas Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Makassar

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan mewakili Wali Kota GS Vicky Lumentut, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, bertempat di Ballroom Sandeq Hotel Clario, Makassar, Selasa (12/02/2019).

Menko Polhukam Dr. H. Wiranto, SH, yang diwakili Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo, saat membuka kegiatan mengatakan, Pemilu sudah sangat dekat dan hari ini adalah pertemuan terakhir bagi seluruh pemangku kepentingan guna memastikan kesiapan masing-masing stakeholder dan pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu pada tanggal 17 April yang akan datang.

“Pada Pemilu sebelumnya pemerintah melaksanakan rakornas secara menyeluruh. Namun pada tahun ini, pelaksanaan rakornas dilakukan secara regional, karena pemerintah ingin menyatukan, menyamakan persepsi dan menampung berbagai persoalan yang mungkin terjadi.”jelas Soedarmo.

“Jadi intinya hari ini kita ingin mendengarkan penjelasan dari masing-masing penyelenggara, khususnya bagi aparat keamanan dan KPU juga pemangku kepentingan lain tentang apa-apa saja yang akan menjadi kendala yang akan dihadapi nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Kemendagri sekaligus ketua panitia penyelenggara Rakornas DR. Akbar Ali, M.Si, menyampaikan tujuan yang akan dicapai melalui rakornas ini adalah Pemilu yang berlangsung dengan iklim demokrasi yang damai dan kondusif serta berkesinambungan.

“Juga agar terjalin sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah serta seluruh pihak terkait dalam menjalankan tugas menyukseskan Pemilu 2019,” tandas DR. Akbar Ali, M.Si.

Rakornas kemudian dilanjutkan pemaparan materi diskusi dengan sesi pertama oleh Kemendagri dengan tema Fasilitas Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 oleh Disdukcapil DR. Ir. I Gede Surata, kemudian TNI Mayjen. George Supit menyampaikan pemaparan dengan tema Peran TNI dalam mensukseskan Pemilu serentak 2019, serta materi dari Kepolisian RI dengan tema Potensi Kerawanan dari perspektif kepolisian dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 oleh Asops Kapolri Brigjen Rudi Supriyadi.

Sesi kedua pemaparan oleh BSSN Irjen Pol. Dharma Pongrekut dengan tema Potensi Ancaman Cyber dalam pemilu serentak, Ketua KPU-RI Ari Budiman, serta Ketua Bawaslu RI Abhan masing masing membawa materi tentang Kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2019.

Hadir dalam kegiatan ini para Gubernur se-Sulawesi, Bupati, Wali Kota, Kesbangpol Provinsi, Kabid Poldagri, Kabid Wasnas, unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta tamu undangan lainnya.(***/ryan)