Taman Kabasaran Tomohon Buka 1×24 Jam untuk Masyarakat Umum

Gedung Mal Pelayanan Publik Tomohon yang di depannya ada Taman Kabasaran
Gedung Mal Pelayanan Publik Tomohon yang di depannya ada Taman Kabasaran

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan, Taman Kabasaran yang baru saja diresmikan, terbuka 1×24 jam untuk masyarakat umum.

Taman Kabasaran yang berlokasi di kompleks Kantor Wali Kota atau Mal Pelayanan Publik, dibangun untuk berekreasi, berolah raga, pesta nikah, taman sumber inovasi improvisasi dalam menciptakan inovasi, spot foto dan selfie serta tempat bermain anak-anak.

‘’Dilengkapi pula dengan wi-fi gratis. Untuk penggunaan taman ini silahkan menghubungi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon,’’ ujar Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak.

Taman Kabasaran memiliki luas 5.681,25 m² (0.568 ha) yang terdiri dari Bangunan Kios  seluas ± 116 m². Di sisi Utara terdiri dari Ruang Kios, dilengkapi Toilet dengan kloset duduk, kloset jongkok, urinoir, washtafel, hand dryer dan tempat tissue.

Taman Kabasaran yang terletak di kompelks Mal Pelayanan Publik Kota Tomohon
Taman Kabasaran yang terletak di kompelks Mal Pelayanan Publik Kota Tomohon

Bangunan Toilet di Selatan seluas ± 95 m² terdiri dari toilet laki-laki dan perempuan yang dibuat terpisah, dilengkapi kloset duduk dan kloset jongkok untuk masing-masing ruangan, urinoir, washtafel, hand dryer, tempat tissue.

Kemudian Plaza Taman Wedding  dan Kolam  di bagian tengah dengan luas  ± 542 m²  dilengkapi lampu hias taman, air mancur, ring pipa (simbol cincin).

Landscape Pedestrian panjang 345 m, lapangan, playground, bundaran, ruang duduk (luas ± 425 m²), terowongan bunga 2 unit, taman-taman bunga dengan berbagai jenis bunga lokal Kota Tomohon.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tomohon Joice CL Taroreh MSi mengungkapkan, di taman tersebut  dilengkapi lampu-lampu taman berbagai jenis dan ukuran.

‘’Ini untuk memperindah taman terutama di malam hari,’’ tukas Taroreh. (ark)