Terkait Dana Desa, Bupati JS: Hukum Tua Wajib Bangun Trotoar dan Drainase

Reporter : | 10 Feb, 2019 - 9:58 am WITA

James Sumendap SH, hukum tua Kecamatan Ratahan Timur , hukum tua Kecamatan Tombatu Timur, TOMBATU, (manadotoday­.co.id) – Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Jocke Legi, disaksikan Bupati James Sumendap SH, kembali melantik Penjabat Hukum Tua yang ada di Kecamatan Ratahan Timur dan Kecamatan Tombatu Timur, masing-masing kecamatan ada 8 penjabat yang dilantik pada Sabtu (9/2/2019).

Seperti pelantikan sebelumnya, Bupati James Sumendap (JS) mengatakan dalam sambutannya gelar sebagai Penjabat Hukum Tua merupakan jabatan yang langka sangat diincar sejumlah kalangan.

”Jabatan Hukum tua ini adalah jabatan yang sangat strategis, diincar banyak kalangan karena di Republik Indonesia yang menggunakan lambang Burung Garuda dan terpasang di baju dinas hanya beberapa pejabat, dan salah satunya Hukum Tua, ” Kata JS.

Namun ditengah kebanggaan sebagai Hukum Tua, Bupati mengingatkan jabatan itu mempunyai tugas yang sangat besar.

” Saya minta pejabat Hukum Tua yang dilantik laksanakan dengan baik dan terbuka jangan ada yang ditutup-tutupi. Jangan berpikir tidak lama menjabat namun paling utama kerjakan tugas dengan sebaik baiknya,” terang JS

Diingatkannya pula agar dalam pelaksanaan tugas selalu libatkan pengkat desa dan bina hubungan yang baik.

” Pemerintahan harus jalan dengan baik, bina hubungan yang baik dengan perangkat desa yang ada, kalau ada perangkat yang tidak bisa bekerja sama silahkan di pecat, dan diberhentikan itu perintah bupati,” tegasnya sambil meminta masyarakat desa mendukung pemerintahan yang ada.

”Hukum tua melekat adat istiadat terlebih kita di Kabupaten Minahasa. Hukum tua adalah ketua adat jadi mari hormati dan dukung program pemerintah,”lanjut Bupati.

Sementara dalam tugas awal kepemerintahan Hukum tua pasca dilantik, Sumendap meminta agar pengerjaan Dana Desa tahap pertama digunakan untuk pembangunan drainase dan trotoar.

”Dana Desa tahap pertama saya himbau utuk membangun setiap trotoar yang merupakan tempat berjalan kaki, karena saya sangat sedih mendengar ada warga yang meninggal akibat kecelakaan, begitupun dengan pembuatan drainase. Kalau ada desa yang mengusulkan pembangunan lain saya tegaskan tidak akan ditanda tangani,” ujar Bupati

Terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, JS meminta Hukum tua untuk mensukseskannya.

”Kita punya tugas baru yakni satu tekat sukseskan pemilihan presiden, dan tekat sukseskan pemilihan Legislatif yakni pemilihan Legislatif DPRD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota,” pungkasnya.(ten

Baca Juga :

Leave a comment