Wisatawan Asing Bakal Ramaikan Upacara Adat Tulude Pemkot Manado Tahun 2019

Upacara Adat Tulude Pemkot Manado Tahun 2019 Bakal Diramaikan Wisatawan Asing
Upacara Adat Tulude Pemkot Manado Tahun 2019 Bakal Diramaikan Wisatawan Asing

MANADO, (manadotoday.co.id) – Para wisatawan, khususnya turis Cina, akan bergabung bersama lima ribu masyarakat Nusa Utara dan Manado untuk meramaikan Upacara Adat Tulude Pemkot Manado tahun 2019 yang akan dilaksanakan di lapangan Sparta Tikala, pada 14 Februari pekan depan.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) Urbanus Naharia mengatakan, untuk tujuan tersebut pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak travel.

“Kalo tidak salah kerja sama dengan MN travel Jendela Indonesia. Kami menyurat agar nantinya turis Cina di Manado bisa diarahkan ke lapangan Tikala, pusat kegiatan Upacara Tulude,” jelas Ketua IKISST Urbanus Naharia, beberapa waktu yang lalu.

Lanjutnya, para wisatawan ini akan dipertontonkan dengan pawai Kue Tamo yang adalah simbol adat masyarakat Nusa Utara.

“Kue Tamo akan diarak dari Gereja Sentrum. Kami pilih di situ karena letak kota tua Manado di Gereja Sentrum,”katanya.

Selanjutnya, dari Gereja Sentrum menuju TKB (Taman Kesatuan Bangsa), belok kanan melintasi jalan Kanaka menuju patung Walanda Maramis, tembus ke rumah makan ikan bakar, kemudian belok kanan terus sampai di lapangan Sparta Tikala.

“Jadi lumayan jauh. Kenapa ada arak-arakan Kue Tamo? Agar menunjukan ke masyarakat Kota Manado kalau pada hari itu ada pelaksanaan upacara Adat Tulude. Pasti masyarakat akan mengikut sampai ke lapangan Tikala,” pungkas Urbanus Naharia.

Diketahui, Upacara Adat Tulude merupakan salah satu kegiatan yang sudah masuk dalam kalender iven Pemkot Manado, yang artinya setiap tahun akan selalu digelar. Untuk Upacara Adat Tulude tahun 2019 ini, Pemkot Manado menggandeng Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) sebagai pihak penyelenggara.(**/ryan)