Sumendap Minta Penjabat Kumtua di Kecamatan Pasan dan Belang Fokus Layani Masyarakat

 James Sumendap SH, Drs Jocke Legi, Kecamatan Pasan ,BelangRATAHAN, (manadotoday.c­o.id) – Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Jocke Legi, disaksikan oleh Bupati James Sumendap SH, mengambil sumpah/janji dan melantik 22 Penjabat Hukum Tua, masing-masing 7 di Kecamatan Pasan dan 15 di Belang, pada Jumat (8/2/2019).

Bupati James Sumendap SH, dalam sambutanya berpesan kepada penjabat kepala desa atau hukum tua (Kumtua), yang baru dilantik agar fokus melayani masyarakat.

“Saya ingatkan kepada para penjabat Kumtua harus fokus melayani masyarakat di desanya masing-masing,” kata Sumendap dihadapan masyarakat yang turut menyaksikan pelantikan tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Sumendap, para pejabat yang diangkat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut harus dekat dengan masyarakat, dan mengenal kondisi di desa yang dipimpinnya.

“Karena fungsi sama dengan para Kumtua lainnya (definitif), maka harus tau kondisi masyarakat serta memaksimalkan kinerjanya,” ujarnya.

Dia menambahkan, para penjabat agar dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan baik, khususnya dalam pengelolaan keuangan di desa.

“Harus diperhatikan juga dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa. Paling penting dalam penataan keuangan desa, jangan sampai menimbulkan masalah,” jelasnya.

JS juga berharap penjabat Kumtua dan para perangkat dapat berkoordinasi dengan baik, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Saya ingatkan juga koordinasi dengan para perangkat daerah. Itu harus berjalan dengan baik jangan sampai tidak sejalan dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa,” tandasnya.

Terakhir, bupati meminta para penjabat hukum tua yang baru dilantik untuk dapat mensukseskan Pilhut serta Pemilu pada bulan April mendatang.

“Jadi tugas penjabat hukum tua sukeskan pemilihan hukum tua (pilhut) serta sukseskan Pemilihan Presiden serta DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI.”pungkasnya.(ten)