Polres dan Kodim Minahasa Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

Reporter : | 07 Feb, 2019 - 11:05 pm WITA

Polres dan Kodim Minahasa Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019TONDANO, (manadotoday.co.id) – Aksi unjuk rasa yang berlangsung di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa yang berakhir dengan anarkis, hal tersebut dipicu adanya ketidakpuasan terhadap hasil penghitungan suara oleh pihak KPU, sehingga salah satu kontestan Pemilu legislatif mengerahkan masa pendukungnya untuk mengadakan memprotes hasil penghitungan suara tersebut, mereka menuntut untuk diadakan penghitungan ulang.

Saat unjuk rasa berlangsung, aparat kepolisian berusaha untuk bernegosiasi dengan perwakilan pengunjuk rasa, namun negosiasi tersebut tidak berhasil, masa makin lama makin bertambah dan beringas. Pihak Polres kemudian meminta bantuan aparat TNI untuk mengatasi pengunjuk rasa tersebut, pemandangan yang agak sedikit mengerikan terlihat, terjadi saling dorong antara pengunjuk rasa dan pasukan PHH, masa melempari pasukan PHH dengan berbagai macam benda, sehingga kendaraan water canon pun dikerahkan untuk menghalau massa.

Dengan upaya yang begitu gigih, akhirnya massa pengunjuk rasa dapat dikendalikan, mereka pelan-pelan mundur dan akhirnya membubarkan diri, begitulah yang terjadi saat latihan gabungan antara Polres Minahasa dan Kodim 1302/Min yang digelar di depan Kantor KPU, Kamis (7/2/2019).

Tujuan latihan ini adalah untuk melatih kesiapan TNI-Polri dalam menghadapi dan mensukseskan penyelenggaraaan Pesta Demokrasi yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Anggota Legislatif bulan April 2019 mendatang,

Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si kepada Media Center mengatakan latihan hari ini merupakan aplikasi dari kegiatan latihan Dril Teknik dan Dril Taktis yang sebelumnya dilaksanakan di Makodim.

“Oleh karena itu, saya berharap melalui latihan ini, seluruh anggota dapat memahami setiap tahapan-tahapan yang akan kita laksanakan apabila terjadi hal seperti yang kita latihkan pada hari ini,” tandas Dandim 1302/Min.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Minahasa yang diwakili oleh Waka Polres Kompol Alkat Karow, Kepala Staf Kodim 1302/Min Mayor Inf Feky Welang, Kabag Ops Polres Minahasa Kompol Ahmad Sutrisno SE, Pasi Ops Kodim 1302/Min Kapten Inf Wemfryd Son Halebar, para Kapolsek jajaran Polres Minahasa, dan para Danramil dan Plh Danramil jajaran Kodim 1302/Min. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment