Cegah Penyebaran Penyakit, Balita di Lokasi Terdampak Bencana Akan Diimunisasi

banjir manado 2019, penyakit pasca banjir. Kadis Kesehatan ,dr Nora Lumentut,
dr Nora Lumentut

MANADO, (manadotoday.co.id) – Untuk mencegah penyebaran penyakit pasca bencana banjir dan longsor, Dinas Kesehatan Kota Manado telah mendirikan posko-posko kesehatan di beberapa lokasi terdampak bencana.

“Kami telah mendirikan posko kesehatan di daerah Bailang, Tuminting, Pall 2 dan ada beberapa di tempat lain,”kata Kadis Kesehatan dr Nora Lumentut, Rabu (6/2/2019).

Selain itu, Dinkes Kota Manado juga akan turun mendata balita-balita yang berada di lokasi bencana untuk nantinya jika diperlukan akan dilakukan imunisasi.

“Karena saat kondisi pasca banjir seperti ini, para balita rentan diserang penyakit, ditakutkan nanti jika muncul penyakit-penyakit yang harusnya bisa dicegah dengan imunisasi. Namun beruntung, sampai saat ini belum ada laporan terkait penyakit tersebut,”jelas dr Nora.

Malahan lanjutnya, paling banyak yang terserang penyakit adalah orang-orang dewasa.

“Paling umum itu seperti gatal-gatal dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), ada beberapa yang demam dan gastristis,”tuturnya.

Dia pun menghimbau kepada masyarakat agar langsung mendatangi posko kesehatan jika merasa kurang enak badan.

“Jangan ditahan, langsung datang mencari pengobatan jika merasa sakit, personil kami selalu siap siaga di lapangan,”pungkas Kadis Kesehatan dr Nora Lumentut.(ryan)

Add Comment