Workshop Penyusunan Modul Pembinaan Kader dan Temu Pembina Remaja PGI Dibuka

Pembukaan Kegiatan Workhsop Penyusunan Modul Pembinaan Kader dan Temu Pembina Remaja Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia
Pembukaan Kegiatan Workhsop Penyusunan Modul Pembinaan Kader dan Temu Pembina Remaja Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Workshop Penyusunan Modul Pembinaan Kader dan Temu Pembina Remaja Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Minggu (3/2/2019) dibuka dalam ibadah di GMIM Nasareth Matani Wilayah Tomohon Satu.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sebagai ketua panitia mengucapkan selamat datang kepada para peserta di Kota Religius, kota yang Tertib, Aman, Nyaman, Unggul dan Hidup Rukun (Tangguh).

Dalam sambutannya, Eman mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda gereja yang mampu mendedikasikan diri dan memberi dampak dalam pelayanan dan pengabdiannya bagi gereja, masyarakat dan bangsa dengan prinsip serta nilai-nilai Kristiani yang oikumenis.

‘’Ini menjadi salah satu fokus perhatian PGI, sebagaimana juga telah diamanatkan melalui sidang raya maupun Sidang Majelis Pekerja Lengkap,’’ kata Eman.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sebagai Ketua Panitia Pelaksana kegiatan
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sebagai Ketua Panitia Pelaksana kegiatan

PGI lanjutnya, menyadari betul bahwa mempersiapkan orang muda Kristen yang berintegritas, berkarakter Kristus dan mampu berkarya di tengah dunia yang semakin kompleks ini, bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu dibutuhkan kerja keras dan kerja sama seluruh elemen gereja.

Salah satu upaya yang akan dilakukan selain melakukan berbagai pelatihan peningkatan kapasitas, dirasakan perlu menyusun modul  pembinaan yang oikumenis dan yang komprehensif sebagai suplemen tambahan guna menolong para pembina remaja dan pemuda dari gereja-gereja anggota PGI dalam mempersiapkan kader-kader terbaiknya.

Tujuan penyusunan modul adalah penjaringan issue dan kebutuhan pembinaan remaja dari sinode-sinode gereja anggota PGi, sebagai modul pelatihan an panduan pembinaan bagi remaja, pembentukan forum komunikasi Pembina remaja sinode-sinode gereja anggota PGI serta menyusun rencana kerja sama lintas sinode dalam rangka pembinaan remaja gereja.

Ketua Panitia Jimmy F Eman SE Ak menyalami peserta
Ketua Panitia Jimmy F Eman SE Ak menyalami peserta

Sementara hasil yang diharapkan adalah menghasilkan modul pelatihan pembinaan kader oikumene bagi remaja gereja, adanya panduan bagi pembina remaja dalam melakukan pelatihan peningkatan kapasitas remaja,

terbentuknya wadah komunikasi di kalangan pembina remaja sinode dalam mendukung kerja PGI dalam melengkapi remaja dan pemuda gereja.

Waktu pelaksanaan adalah 2-5 Februari 2019 di Gereja GMIM Nazareth Matani Wilayah Tomohon Satu. Usai penyusunan, dilaksanakan city tour yaitu dengan mengunjungi beberapa tempat di Kota Tomohon sambil menikmati keindahan alam yang ada, yaitu di  Menara Alfa Omega, Gereja Sion Tomohon, Taman Wale Kabasaran, Kantor Sinode GMIM, Bukit Doa Tomohon, Puncak Rurukan Dan Danau Linow.

Ibadah dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode n(BPMS) GMIM Pdt Dr Hein Arina, Ketua Biro Pemuda Remaja PGI Abdiel Fortunatus Tanias SST,  Ketua Komisi Remaja Sinode GMIM Pnt dr Michaela Paruntu MARS, Ketua Forum Pembina Remaja PGI Pnt Ir Moudy Rondonuwu MT, Wakil Sekretaris Umum Majelis Pekerja Harian PGI Pdt Krise  Angki Gosal MTh. (ark)