Pemprov Sulut Buka Posko Informasi Bencana

Posko bencana di kantor gubernur
Posko Informasi bencana yang terletak di lobi kantor gubernur Sulut.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Hujan deras yang melanda wilayah Sulawesi Utara (Sulut) sejak Jumat (1/2/2019) dinihari, menyebabkan sejumlah wilayah di daerah ini terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Guna membantu masyarakat yang tertimpa bencana, Pemprov Sulut mendirikan Posko Informasi bencana yang terletak di lobi kantor gubernur.

Selain itu, disiapkan juga posko siaga bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan.

Gubernur Olly Dondokambey melalui Sekdaprov Edwin Silangen mengatakan Pemprov Sulut telah menyiapkan perlengkapan penanggulangan bencana termasuk kendaraan dinas yang biasa digunakan Perangkat Daerah dapat dimanfaatkan untuk menolong masyarakat.

“Peralatan yang ada di Dinas PUPR, SatPol-PP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan sudah disiapkan di sejumlah lokasi bencana. Kami juga menyediakan kebutuhan masyarakat seperti dapur umum, makanan siap saji dan perlengkapan lainnya,” katanya.

Selain itu, menurut Silangen, kesehatan masyarakat korban bencana banjir dan longsor juga diperhatikan dengan disiapkannya Posko Kesehatan.

“Dinas Kesehatan sudah membuka Posko Kesehatan yang buka 1×24 jam dan sudah disiapkan obat-obatan yang diperlukan masyarakat,” ungkap Silangen.

Lebih lanjut, Silangen mengimbau masyarakat untuk terus waspada karena berdasarkan data peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut, curah hujan masih tinggi.

“Kami mengimbau masyarakat agar menghindari daerah aliran sungai dan daerah rawan longsor,” pesan Silangen.

Untuk diketahui, bagi masyarakat Sulut yang membutuhkan informasi bencana dapat menghubungi Kepala BPBD Joi Oroh 081355526955, Kepala Biro Protokol dan Humas Dantje Lantang 08124193636 dan Kabag Humas Christian Iroth 081244531119. (ton)