Dekranasda Gelar Pelatihan Pembuatan Tas Jaring

Dekranasda Gelar Pelatihan Pembuatan Tas JaringBITUNG, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka menunjang program Bitung Go green Less Plastic City, Dekranasda Kota Bitung bersama TP-PKK bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung yang berkolaborasi dengan tiga pemilik perusahaan perikanan di Bitung Eddy Julianto, Junaidi Ang dan Abrizal Ang, menyelenggarakan Pelatihan Calon Pelatih/Training Of Tutor (TOT) pembuatan tas jaring, di Ruang Pertemuan Guest House Rumah Jabatan Walikota Bitung mulai, 29 sampai dengan 31 Januari 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Dekranasda Kota Bitung Khouni Lomban Rawung.

“Melalui kegiatan ini diharapkan perempuan atau ibu rumah tangga dapat diberdayakan, diberi keterampilan, sehingga selain menunjang program lingkungan, tetapi juga dapat menghasilkan nilai ekonomi. Sehingga ada sistem yang ditercipta yaitu spider system dimana semua bisa mendapatkan manfaat,” ujar Rawung.

Lanjutnya, Dekranasda sendiri sangat menopang dan mendukung pelaksanakan pelatihan TOT pembuatan tas jaring untuk dijadikan alternatif tas belanja yang dapat dipakai berulang kali, agar masyarakat tidak lagi menggunakan tas plastik sebagai tas belanja.

“Harapannya dengan adanya pelatihan ini dapat mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar, terwujudnya Bitung less palstic serta meningkatnya pelaku industri di Kota Bitung,” kuncinya.

Seperti diketahui pada hari pertama dan kedua, pelatihan diberikan bagi 5 peserta dan pada hari ketiga 5 peserta yang sudah mendapatkan pelatihan tersebut akan melatih lagi masing-masing 5 orang peserta lainnya dan seterusnya.

Para peserta (TOT) terdiri dari para ibu-ibu pengrajin serta pengurus dan anggota TP-PKK dan Dekranasda di Kota Biitung, dengan dua orang narasumber Wilma Empalmado dan Priliscya Isdianti.

Turut hadir, Wakil Ketua Dekranasda Rita Mantiri Tangkudung, Ketua DWP Rinny PangemananTinangon, Sekretaris Kota Bitung Audy Pangemanan, beserta jajaran terkait.(kys)