Pemkot Bitung Komitmen Terus Tingkatkan Pengelolaan Keuangan

Pemkot Bitung Komitmen Terus Tingkatkan Pengelolaan KeuanganBITUNG, (manadotoday.co.id) – Dalam mempertahankan opini WTP dari BPK, serta meningkatkan hasil yang lebih berkualitas dari segala aspek yang menjadi obyek penilaian, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar sosialisasi pengelolaan keuangan, yang dibuka Walikota Bitung Max J Lomban di BPU Kantor Walikota Bitung, Senin (28/1/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Lomban juga menjadi salah satu narasumber, mengulas kembali pengelolaan keuangan mulai dari tahun 2006 sampai tahun 2017.

“Salah satunya bagaimana nelakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meraih opini mulai dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) sampai opini Wajar Tanpa Pengecualian Murni (WTP) Murni,” paparnya.

Lanjutnya, hal yang menjadai catatan, hampir di semua pemerintahan dari pusat sampai daerah yaitu pengelolaan aset. Sehingga Lomban menekankan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah (KPD) dan pengelola keungan agar kiranya dapat benar-benar menguasai dan memahami sistim pengelolaan keuangan yang ada di tiap perangkat daerah.

“Termasuk alur proses pengelolaan keuangan mulai dari pengelolaan (SPP) Surat Permohonan Pembayaran, (SPM) Surat Perintah Membayar sampai pada proses penerbitan (SP2D) Surat Perintah Surat Perintah Pencairan Dana,” ulas Lomban.

Selain Walikota sebagai pemateri dari Kejaksaan Negeri Bitung, Kapolres Bitung, dan dihadiri para Asisten, KPD, Camat dan Lurah.(kys)