Warga Kampung Kakas dan Tokambene Gelar Pesta Rakyat Tradisional Tahun 2019

Reporter : | 30 Jan, 2019 - 1:12 am WITA

Kampung , Tokambene ,Pesta Rakyat Tradisional Tahun 2019, Ronald Marcus, etnis Borgo

Ronald Marcus

MANADO, (manadotoday.co.id) – Warga Kampung Kakas dan Tokambene akan menggelar acara tahunan Pesta Rakyat Tradisional Tahun 2019 – Kunci Taong, pada Sabtu tanggal 2 Februari 2019 bertempat di Jln Samratulangi 9 (Kampung Kakas), Manado.

Menurut Ketua Panitia Pesta Rakyat Tradisional Tahun 2019 Ronald Marcus, acara yang digelar tiap awal tahun ini merupakan warisan budaya masyarakat etnis Borgo yang merupakan pendatang dari berbagai bangsa Eropa, antara lain; Portugis, Spanyol, Belanda dan Prancis.

“Mereka ini masuk ke Sulawesi Utara melalui pantai Manado, Kema dan Tanawangko pada tahun 1500-an, dan kemudian kawin-mawin dengan warga suku Minahasa,”jelas Ronald Marcus, Selasa (29/1/2019).

Tujuan dilaksanakannya acara tersebut lanjut Marcus, adalah sebagai bentuk rasa ungkapan syukur dan sukacita kepada Tuhan dari warga Kampung Kakas dan Tokambene karena sudah melewati tahun 2018 dan bersama-sama dalam rasa persaudaraan menyambut tahun 2019.

“Dan juga memohon berkat dan tuntunan Tuhan di tahun 2019 ini. Tradisi ini akan terus dilestarikan setiap tahun oleh masyarakat Kampung Kakas dan Tokambene,”tukas tokoh masyarakat Kampung Kakas ini.

Selain bertujuan melestarikan budaya, acara ini menurutnya juga bisa mendukung program pemerintah dalam mengembangkan potensi parawisata di Kota Manado.

“Karena itu, saya harap Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wakil Mor Bastiaan dapat menghadiri acara ini,”tuturnya.

Dia menambahkan, dalam acara Kunci Taong atau disebut juga ‘Malam Taong Tua’ ini, akan digelar berbagai lomba, antara lain lomba figura, dansa, disco dan cha-cha.

“Nanti panitia akan menyediakan hadiah uang tunai jutaan rupiah,”tandas Ronald Marcus, sembari berharap dukungan dari masyarakat guna kesuksesan acara tersebut.

Diketahui, panitia Pesta Rakyat Tradisional Tahun 2019 turut menggandeng Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Manado sebagai media partner untuk peliputan kegiatan tersebut,(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment