Tenaga Guru Berstatus ASN di Sekolah Swasta di Mitra Bakal Ditarik

Reporter : | 29 Jan, 2019 - 9:23 am WITA

UU No 5 Tahun 2015, guru swasta minahasa tenggara, Nolly Ratela,RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pendidikan bakal mengimplementasikan UU No 5 Tahun 2015, dimana setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mengabdi di lembaga negeri sehingga tenaga guru ASN yang berkarya di sekolah swasta bakal segera ditarik.

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Mitra melalui Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Pendidikan (P2TK) Nolly Ratela, penerapan UU tersebut di dunia pendidikan Mitra sudah mulai diberlakukan.

“Penerapannya sudah mulai, namun memang masih banyak yang kami kaji dan pertimbangkan sehingga kalau dilakukan akan secara bertahap dan tidak bisa sekaligus,” ungkap Ratela baru-baru ini.

Dirinya mengakui jika hal ini benar dilakukan maka akan ada dampak yang timbul bagi sekolah swasta yang kehilangan tenaga guru ASN yang ditarik.

“Ini jadi satu hal yang kami kaji makanya kami tidak bisa langsung sekaligus menerapkannya karena akan mengganggu stabilitas belajar mengajar di sekolah yang ditinggalkan,”tukasn­ya.

Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan masalah guru sertifikasi, terutama terkait persyaratan jam mengajar yang harus dipenuhi.

“Kami mencoba agar pemberlakuan ini nanti tidak memberikan dampak negatif bagi pihak guru sertifikasi sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Mitra Vidy Ngantung meminta agar Dinas Pendidikan dapat memikirkan masak-masak dampak yang bakal ditimbulkan oleh penarikan guru ASN ini.

“Kalau memang ini harus dilakukan, kami berharap Dinas Pendidikan setidaknya di tahun ini mulai dengan sosialisasi dulu agar pihak sekolah sudah bisa menyiapkan langkah antisipasi sehingga tidak menimbulkan masalah dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kasihan jika guru ASN ditarik, lalu jika sekolah kekurangan guru, bagaimana nanti dengan kegiatan belajar anak,” pungkas Ketua Gerakan Membangun Mitra ini.

Adapun dari data Dinas Pendidikan, dari 36 jumlah SD swasta di Mitra, ada sekira 284 guru ASN. Sementara dari 7 SMP swasta, ada sekira 69 guru ASN. Selain itu sekira 40 ASN terdata bekerja di sejumlah TK swasta.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment