Olly Hadiri MPL PGI 2019

Sidang MPL PGI 2019
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, ketika membuka Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI 2019.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang juga selaku Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia (FK-PKB PGI), menghadiri sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI 2019, Senin (28/1/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bogor Jawa Barat itu, dibuka Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin.

Pergumulan gereja-gereja terkait potret demokrasi di Indonesia menjadi perhatian dalam sidang MPL-PGI kali ini. Perhatian MPL-PGI pada kehidupan demokrasi di Indonesia mendapat sambutan positif dari Menag Lukman.

Menurutnya, demokrasi seharusnya mampu mengelola keragaman yang ada di Indonesia. Selain itu, Menag Lukman juga menegaskan keragaman interpretasi dalam kehidupan umat beragama saat ini dalam konteks demokrasi sebagai upaya untuk membangun semangat kebersamaan.

“Inti ajaran agama adalah kasih sayang bukan kebencian. Semangat inilah yang akan kita rawat sebaik-baiknya. Kita harus mencegah upaya pihak-pihak lain yang membuat kehidupan kita bersama menjadi terpecah dan menimbulkan konflik,” ujarnya.

Ketua Umum PGI Pdt. Henriette Tabita Lebang, dalam sambutannya, mengingatkan keugaharian menjadi bingkai bersama gereja-gereja dalam merespons pesoalan kebangsaan, yakni kemiskinan, ketidakadilan, lingkungan hidup, dan radikalisme.

Untuk diketahui, selain persoalan demokrasi, persidangan MPL-PGI juga membahas persiapan Sidang Raya PGI ke-17 yang akan dilangsungkan di Sumba, Nusa Tenggara Timur serta berbagai program PGI 2019 yang berpusat pada pergumulan gereja-gereja terkait semangat keugaharian dalam merespons persoalan-persoalan bangsa.

Sidang MPL-PGI turut dihadiri Sekretaris Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, Ketua BPMS GMIM Pdt. Hein Arina dan para pengurus PGI. (ton)