Kurangi Beban TPA Sumompo, Pemkot Manado Bakal Beli Alat Pembakar Sampah

Alat Pembakar Sampah, incinerator , TPA Sumompo, GS Vicky Lumentut,
Wali Kota GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadotoday.co.id) – Untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di TPA Sumompo, Pemerintah Kota Manado di tahun 2019 ini, berencana membeli incinerator atau alat pembakar sampah.

Menurut Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, masalah TPA yang sudah melebihi kapasitas harus diselesaikan sembari menunggu TPA Regional.

“Minimal kita harus memiliki lima alat incinerator yang nantinya akan ditempatkan di beberapa kecamatan. Jadi, sampah yang dikumpulkan akan langsung dibakar sehingga tidak perlu lagi dibuang ke TPA,”jelas wali kota, saat membawakan sambutan di Rapat Kerja Pemkot Manado, Senin (21/1/2019).

Meski begitu, wali kota mengatakan rencana ini harus disinkronisasikan agar tidak berdampak pada para pengulung sampah di TPA.

“Di TPA ada tenaga kerja, ada orang yang mencari kebutuhan hidupnya, kalau sampah ini langsung dibawah ke tempah pembakaran, berarti itu tidak sampai di TPA. Kita harus pikirkan warga kita di sana, harus ada subtitusi karena peluang hasil pembuangan sampah menghilang. Ini harus disinkronkan dan dipikirkan bersama,”

“Jangan sampai kita menyelesaikan masalah yang satu, malah menimbulkan masalah baru,”pungkas Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut.(ryan)

Add Comment