Bupati Resmikan Pemanfaatan Pasar Raya Tondano

Pasar Raya Tondano, pasar minahasa, peresmian Pasar Raya Tondano, Royke O Roring,TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir. Royke O Roring, MSi, meresmikan pemanfaatan Pasar Raya Tondano, Sabtu (19/01/2019) .

Ibadah peresmian dipimpin oleh Pdt. Sonny Repi,SE.MTh selaku Ketua BPMW Tondano V dengan Firman Tuhan dalam Matius 7:24-27 tentang dua macam dasar.

Sementar bupati dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat untuk bersyukur sebab sinergitas antara pemerintah pusat Jokowi – JK lewat Kementerian Perdagangan serta Pemerintah Provinsi OD-SK sampai ke Kabupaten Minahasa, boleh mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun pasar.

“Keberadaan suatu pasar, menunjukan suatu keberhasilan dari salah satu daerah, sebab berputarnya ekonomi suatu daerah terlihat dari pasar , ” ujar bupati.

Dengan ketambahannya fasilitas ini, dirinya berharap para pedangang dapat memanfaatkannya dengan sebaikan mungkin.

“Manfaatkan ini dengan menjaga kebersihan. Supaya apa yang telah kita buat ini boleh dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Dan biarlah tempat ini benar-benar menjadi berkat bagi kita semua, sehingga perputaran uang di Minahasa khususnya di Kota Tondano lebih meningkat,” pinta bupati.

Kepada kepala dinas serta kepala pasar dan para petugas pasar, bupati menegaskan agar benar-benar selektif menentukan pedagang yang akan menempati tempat ini.

“Beri kesempatan kepada masyarakat kita untuk berdagang tentu dengan kriteria dan mekanisme yang sudah ditentukan. Jangan ada KKN sebab saya tidak ingin ada laporan masuk dari sesama pedagang,” tegasnya.

Diakhir sambutan, bupati berharap kepada masyarakat agar selalu mendoakan dan mendukung terus dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey dalam melayani masyarakat Minahasa.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Moudy Lontaan dalam laporanya mengatakan bahwa dasar pelaksanaan pembangunan revitalisasi Pasar Rakyat Tondano ini adalah DAK Bidang Pasar Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang tertuang pada rencana kerja anggaran dan DPA Dinas Perdagangan Tahun 2018.

Adapun tujuan dan sasarannya yakni, memperlancar arus distribusi barang, meningkatkan daya saing pasar dalam negeri serta mengoptimalkan peran pasar rakyat sebagai pusat kegiatan distribusi penyaluran barang secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen melalui proses jual beli bernagai jenis barang konsumsi dengan cara tawar menawar.

Selanjutnya, Lontaan juga mengatakan, pembangunan dengan biaya kurang lebih 2,6 miliar ini, dibangun diatas lahan dari bagian tanah pasar Tondano yang adalah milik Pemkab Minahasa.

“Pembangunan ini meliputi 1 (satu) unit los ikan segar, satu bangunan los buah, 4 unit kios, satu unit gedung kontruksi dua lantai yang didalamnya terdapat los barito, cafetaria/foodcourt tujuh unit dan satu toilet,” urainya.

Turut hadir pada persemian tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. S. W. Siagain,MA, Kadis Perdagangan Moudy Lontaan S.Sos, Kabag Perekonomian dan SDA Mecky Sondey,SE, Kabag Humas dan Protokol Drs. Moudy L.Pangerapan, MAP, Danramil Tondano Pelda Jhonny Wura, Mewakili Kapolsek Aiptu Alfrets Kapele, tokoh masyarakat Dirk Mangala, Camat Tondano Barat Maya Kainde, SH dan Kepala Pasar Tondano Jeffry Angkouw.(rom)