Ketua IKISST Sulut: Pesta Adat Tulude Tahun 2019 Dipusatkan di Lapangan Sparta Tikala

Reporter : | 18 Jan, 2019 - 11:38 pm WITA

Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si

Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si

MANADO, (manadotoday.co.id) – Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) Provinsi Sulawesi Utara Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si mengatakan, iven Pesta Adat Tulude Tahun 2019 di Kota Manado akan dipusatkan di Lapangan Sparta Tikala.

“Ini juga merupakan usulan bapak Wali Kota GS Vicky Lumentut, ditambah lapangan Sparta Tikala dekat dengan Kantor Walikota Manado yang nantinya akan dijadikan sebagai singgasana raja,”jelas Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si, usai rapat persiapan Pesta Adat Tulude Tahun 2019 di kantor Walikota Manado, Jumat (18/1/2019).

Lanjutnya, prosesi kue adat Tamo serta tarian-tarian adat akan dimulai dari Gereja GMIM Sentrum Manado berjalan sampai di lapangan Sparta Tikala.

“Sengaja dipilih agak jauh di Gereja GMIM Sentrum, agar prosesi bisa diketahui oleh banyak orang, karena itu konsep filosofinya. Juga sudah ditetapkan akan digelar pada tanggal 14 Februari tapi akan tetap disiapkan tanggal cadangan,”kata Naharia, yang juga Ketua Panitia Pesta Adat Tulude Tahun 2019.

Naharia juga mengatakan bahwa bapak wali kota tidak mengintervensi lebih jauh terkait pelaksaan Pesta Adat Tulude Tahun 2019 dan memberikan keleluasaan kepada panitia untuk mengatur acara tersebut.

“Jadi betul-betul budaya yang akan ditampilkan, sesuai kata wali kota hanya nuansa adat yang ditonjolkan, tidak ada nunsa-nuansa lain,”ungkapnya.

Terkait apakah akan ada penganugerahan gelar adat pada Pesta Adat Tulude Tahun 2019 ini, Ketua IKISST Sulut mengatakan nanti akan dibicarakan dengan penasehat IKISST dan dewan adat.

“Karena untuk penganugerahan gelar adat bukan di Tulude, tapi ada acaranya sendiri, dan harus dikaji luar biasa oleh para dewan adat, karena itu memang tidak sembarangan,”pungkas Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment