Persiapan Iven Pesta Adat Tulude Tahun 2019 Terus Dimatangkan

Reporter : | 18 Jan, 2019 - 10:32 pm WITA

Pesta Adat Tulude Tahun 2019, IKISST Sulut, Stenly Patimbano, agenda parawisata manado, micler lakat, lenda pelealu

Persiapan Iven Pesta Adat Tulude Tahun 2019 Terus Dimatangkan

MANADO, (manadotoday.co.id) – Iven tahunan Pesta Adat Tulude Tahun 2019 terus dimatangkan. Ini dibuktikan dengan digelarnya rapat persiapan di ruang Tolu Kantor Walikota Manado, Jumas (18/1/2019).

Rapat yang membicarakan tentang teknis dan pendanaan untuk agenda akbar tersebut, dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, didampingi Kadis Parawisata Lenda Pelealu, Asisten II Robby Mottoh, Sekretaris Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) Stenly Patimbano, Ketua Panitia Max Tatahede, Sekretaris Panitia Pontowuisang Kakauhe, serta instansi terkait lainnya.

Sekda Micler Lakat pada kesempatan tersebut mengatakan, iven Pesta Adat Tulude Tahun 2019 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Mor Bastiaan.

“Apalagi ini adalah iven pertama yang digelar oleh Kota Manado di tahun 2019, pasti akan menarik wisatawan dalam jumlah besar, apalagi undangan yang dibagikan mencapai 5.000 orang,”kata sekda.

Lakat kemudian mengusulkan agar panitia mengundang wakil dari setiap daerah untuk menghadiri Pesta Adat Tulude Tahun 2019.

“Misalnya ada keterwakilan satu tumpukan dari Bolmong, Mitra, Minahasa, Minsel, Bitung. Kan satu tumpukan tidak terlalu banyak orang, kira-kira 30 sampai 50 orang. Nanti tinggal membicarakan teknis untuk mendatangkan mereka dan pendanaanya,”tutur sekda, sembari menambahkan agar baiknya didakan rapat teknis yang khusus membahas tentang pendanaan dan masalah-masalah lain untuk kesuksesan agenda tersebut.

Sementara itu, Sekretaris IKISST Sulut Stenly Patimbano mengatakan, atas nama warga Nusa Utara yang ada di Sulut, mengucapkan bantak terima kasih kepada Pemkot Manado atas dukungan untuk suksesnya Pesta Adat Tulude Tahun 2019.

“Apalagi, acara ini kalau tidak salah sudah tiga tahun di APBD-kan, sehingga warga Nusa Utara mendapat tempat khusus di Kota Manado ini.”ungkap Patimbano.

Dia pun mengusulkan agar Pesta Adat Tulude ditetapkan diadakan setiap tahun pada tanggal 14 Februari.

“Agar jika nanti akan dipromosikan, orang saat melihat kalender, ternyata pada tanggal 14 Februari selain ada hari kasih sayang tetapi juga sudah pasti ada acara Tulude di Kota Manado,”tandas Sekretaris IKISST Sulut Stenly Patimbano.

Kemudian, Kadis Parawisata Lenda Pelealu menambahkan, selain ada pendanaan dari pemerintah, pihak IKISST juga bisa mencari sponsor agar agenda ini bisa berlangsung spektakuler.

“Nanti kita akan cari solusi bersama terkait pendanaan, kita bisa duduk bersama dan membicarakan hal tersebut. Yang pasti pada prinsipnya Dinas Parawisita akan mendukung penuh Pesta Adat Tulude, apa lagi ini untuk kemajuan parawisata di Kota Manado,”pungkas Kadis Parawisata Lenda Pelealu.

Diketahui, dalam rapat tersebut disepakati bahwa Pesta Adat Tulude Tahun 2019 akan digelar di Lapangan Sparta Tikala, Manado.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment