Kurangi Penggunaan Plastik, Dekranasda Bitung Perkenalkan Tas Jaring

85779d160c29471ba6132ea2e162ca43.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung dalam kelestarian lingkungan hidup, susah tidak bisa ditawar lagi. Buktinya, sebagai tindaklanjut program Pengurangan Sampah Plastik berdasarkan Peraturan Walikota Bitung Nomor 70 Tahun 2018, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bitung, memperkenalkan tas jaring, di Ruang Kerja Walikota Bitung, Rabu (16/1/2019).

“Tas jaring ini adalah salah satu solusi pengganti kantong plastik saat belanja di toko atau di pasar tradisional adalah Tas jaring,” ujar Ketua Dekranasda Kota Bitung Khouni Lomban-Rawung.

Lanjut Ketua TP-PKK Kota Bitung ini, kelebihan tas jaring ini mudah dibawa, elastis, dapat disimpan di saku atau dompet, dapat dipakai berulang-ulang, dan yang terpenting tentu saja ramah lindungan.

“Dekranasda Kota Bitung, bekerja sama dengan TP-PKK dan Dinas Perdagangan Kota Bitung, akan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri untuk membuat tas jaring ini dalam jumlah yang banyak,” papar Rawung.

Sementara itu, Walikota Bitung Max J Lomban mengapresiasi inovasi tersebut, karena pembuatan tas jaring ini bisa memberikan tambahan penghasilan bagi keluarga.

“Manfaat yang didapat dari pembuatan tas jaring ini yakni, menunjang program Pemerintah Kota Bitung tentang pengurangan sampah plastik dan pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga dalam menambah penghasilan ekonomi keluarga,” kata Lomban bangga.(kys)

Add Comment