Dinkes Sulut Bagi Bubuk Abate

pembagian bubuk abate
Kadis Kesehatan dr. Deybie Kalalo dan jajarannya, ketika melakukan penyuluhan dan pembagian abate kepada masyarakat.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membagikan bubuk abate gratis di Kelurahan Dendengan Dalam, Kota Manado, Selasa (15/1/2019).

Gubernur Olly Dondokambey melalui Kadis Kesehatan dr. Deybie Kalalo mengatakan, pembagian bubuk abate ini untuk mencegah pembiakan jentik nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah dengue (DBD). Bubuk ini ditaburkan dalam bak air sehingga jentik nyamuk tidak hidup.

“Penggunaan abate dapat mencegah berkembangnya jentik nyamuk menjadi nyamuk,” ujarnya.

Menurut Kalalo, Dinkes Sulut telah menyediakan trolit di Posko DBD di Dinkes Sulut untuk dibagikan gratis bagi para pasien DBD yang membutuhkan Trolit. Obat mengandung angkak merah dan elektrolit yqng biasa digunakan dalam perawatan DBD ini bisa diambil langsung masyarakat yang membutuhkan di Posko Kesehatan Kantor Dinkes Sulut

“Kami menyediakan trolit secara gratis di Posko DBD bagi yg memerlukannya,” ungkapnya.

Selain itu, Kalalo menjelaskan langkah utama pencegahan berkembang biak nyamuk DBD dengan melakukan 3M, yaitu, menguras tempat-tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, mengumpulkan, menguburkan, memanfaatkan atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, plastik.

“Kami mengharapkan para kepala lurah, kepala desa dan kepala lingkungan untuk bersama-sama mengajak masyarakat hidup bersih dan sehat. Ini adalah kunci utama untuk menangani DBD,” katanya.

Kalalo menambahkan, untuk memudahkan masyarakat Sulut mendapatkan informasi terkait DBD, Pemprov Sulut telah mendirikan posko DBD di kantor Dinas Kesehatan.

“Kami juga membuka posko DBD di Dinas Kesehatan Provinsi sebagai pusat informasi kasus DBD, kegiatan pemantauan dan data-data lainnya di seluruh kabupaten kota,” tandasnya.

Usai melakukan penyuluhan dan pembagian abate kepada masyarakat, Dinkes Sulut melakukan kunjungan ke sejumlah puskesmas dan rumah sakit di Manado tempat merawat sejumlah pasien DBD, yaitu Puskesmas Ranomuut, RS Pancaran Kasih, RS Robert Wolter Monginsidi dan RS Advent. Hingga kini, tercatat 420 kasus DBD di seluruh Sulut. (ton)