Tahun 2019, Dinas Parawisata Manado Targetkan 190 Ribu Kunjungan Turis Internasional

Reporter : | 10 Jan, 2019 - 1:32 am WITA

Dinas Parawisata Manado, kunjungan wisatawan ke manado 2018, data wisatawan manado 2018, lenda pelealu

Kadispar Lenda Pelealu

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Parawisata Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan, target kunjungan wisatawan ke Kota Manado pada tahun 2018 menurut data sampai bulan November 2018 mencapai 95 persen.

“Tahun 2018 untuk kunjungan turis domestik kami menargetkan 1,8 juta. Dan capaiannya kita di angka 1,7 juta kunjungan sampai November 2018,”jelas Kadispar Lenda Pelealu, Rabu (9/1/2018).

Untuk turis internasional, Pelealu mengatakan dari target 140 ribu, sudah 95 persen yang dicapai.

“Ini memang masih data bulan November 2018, karena kami masih menunggu data dari pihak Angkasa Pura, mudah-mudahan datanya secepatnya diterima, kemungkinan angkanya pasti bertambah,”tutur Pelealu.

Sedangkan untuk target kunjungan wisatawan pada tahun 2019 ini, Pemkot Manado menargetkan untuk turis domestik 2 juta kunjungan dan internasional 190 ribu.

“Mudah-mudahan MoU dengan negara Jepang dan Korea Selatan cepat terealisasi, saya rasa target ini tidak masalah. Meskipun untuk turis domestik ada sedikit gangguan karena harga tiket belum turun. Tapi saya optimis pasti capai target,”katanya.

Kadispar Lenda Pelealu

Data kunjunga turis ke Kota Manado

Sementara untuk program Dinas Parawisata pada tahun 2019 ini, dia mengatakan kemungkinan tidak berbeda dari tahun 2018 lalu.

“Ada juga program dari pak Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wakil Mor Bastiaan yang membangun 27 Homestay di Pulau Bunaken untuk membantu perekonomian warga di sana. Tahun ini tidak ada penambahan namun kami berfokus untuk membenahi kelembagaan dan memberikan pelatihan ke para pemilik Homestay,”tukas Pelealu.

“Jika setelah dievaluasi ternyata program ini memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di sana, bukan tidak mungkin tahun berikutnya kami berikan bantuan lagi kepada masyarakat di sana untuk membangun homestay,”pungkas Kepala Dinas Parawisata Kota Manado Lenda Pelealu.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.