Bupati Minahasa Instruksi Cegah DBD

 Ir Royke O Roring M.Si, (ROR)
Ir Royke O Roring M.Si (ROR)

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Terkait mewabahnya kasus demam berdarah dengue (DBD) akhir-akhir ini, Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si (ROR) menginstruksikan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, untuk mencegah agar penyebaran penyakit tersebut tidak meningkat.

Bupati menginstruksikan agar di musim penghujan ini masyarakat memperhatikan jangan ada genangan air hujan yang tertampung di pot bunga, botol kemasan air mineral, kaleng cat bekas dan lain-lain yang ada di lingkungan dekat rumah yang menjadi sarang bertelur dan berkembang biaknya nyamuk aedes agepty pembawa virus DBD.

“Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kegiatan penyemprotan atau fogging bukan cara yang efektif untuk memberantas nyamuk demam berdarah ketimbang kegiatan menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing secara rutin dan terpadu. Lakukan 3M Plus yaitu menguras, menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan atau melakukan daur ulang dan mengawasi kompleks pekuburan yang banyak orang berziarah dan membawa bunga agar bunga tidak diletakkan di wadah yang diisi air, sehingga mencegah terbentuknya media bagi nyamuk Aedes Agepty bersarang dan berkembang biak.”jelas bupati.

“Saya minta hal-hal ini di perhatikan dan segera ditindak lanjuti .” tegasnya, baru-baru ini. (rom)