Wali Kota Tomohon Rombak Kabinet, Ini Pejabat Eselon II yang Dilantik

Para pejabat eselon II yang dilantik
Para pejabat eselon II yang dilantik

TOMOHON, (manadotoday.co.id)-Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Kamis (3/1/2018) melakukan perombakan kabinet di jajaran eselon II, III dan IV sebanyak 181 pejabat terdiri dari 10 pejabat eselon II, 32 pejabat eselon III dan 139 pejabat eselon IV berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota. Pelantikan dilaksanakan oleh Wakil Wali Kota Syeriy Adelyn Sompotan.

Di jajaran Eselon II Ronni Lumowa SSos MSi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kelurahan, dilantik sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Lumowa menggantikan Theodorus Paat SIP yang menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan.

Dua camat yang dilantik masing-masing Camat Tomohon Tengah Michael Joseph SSTP MSi danm Camat Tomohon Selamat Ronald Kalesaran SE
Dua camat yang dilantik masing-masing Camat Tomohon Tengah Michael Joseph SSTP MSi danm Camat Tomohon Selamat Ronald Kalesaran SE

Dinas Pertanian dan Perikanan yang sebelumnya dijabat Ir Vonny Pontoh, digantikan Steven Alfrits Waworuntu SSTP yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan. Pontoh sendiri menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia.

Waworuntu digantikan Hengkie Yusenimus Supit SIP yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Jabatan yang ditinggalkan Supit diisi Jusak S Toar Pandeirot SPd MM yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

Posisi Pandeirot digantikan Drs Florensius Ventje Karundeng yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Mariam Rau SH yang sebelumnya Staf Ahli Wali Kota Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia, dilantik sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Masih di jabatan eselon II, Drs Gerardus E Mogi dilantik sebagai Kepala Badan  Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah dari yang sebelumnya bernama Badan Keuangan Daerah. Mogi harus kembali dilantik karena mengalami perubahan nomeklatur. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah juga mengalami perubahan nomenklatur menjadi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah. Para pejabat mulai dari Kepala Badan Drs Daniel E Pontonuwu juga dilantik kembali.  Jabatan Kasat Pol PP dan Linmas yang ditinggalkan AKBP Nico Pangemanan diisi oleh Drs Octavianus DS Mandagi sebagai Pelaksana Tugas.  Mandagi sendiri sehari-harinya sebagai Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Para pejabat di Rumah Sakit Umum Daerah Anurgerah Pratama yang dilantik
Para pejabat di Rumah Sakit Umum Daerah Anurgerah Pratama yang dilantik

Di jabatan eselon III seperti bagian di sekretariat dan camat juga mengalami perombakan. Ronald Kalesaran SE yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Pemerintahan, dilantik sebagai Camat Tomohon Selatan menggantikan Syske Wongkar SPd yang dilantik sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika.

Jabatan Kepala Bagian Humas dan Protokol diisi oleh John ES Kapoh SE yang sebelumnya dijabat Michael Joseph SSTP MSi.Jabatan Kapoh diisi Fredy Parengkuan ST yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Koperasi. Sementara Michael Joseph dilantik sebagai Camat Tomohon Tengah menggantikan Sjerly Bororing SP yang dilantik sebagai Kepala Bagian Pemerintahan.

Di posisi sekretaris dinas, Royke Tangkawarouw ST MSi diganti Zethley Pontoan SIP yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika. Tangkawarouw sendiri dilantik sebagai salah satu Inspektur Pembantu (Irban) di Inspektorat.

Pelantikan juga terjadi di jabatan eselon IV seperti kepala sub bagian dan kepala seksi serta Direktur dan jajaran Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah Pratama.

Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, pihaknya terus berupaya membuat yang lebih baik.Salah satunya dengan menempatkan pejabat sesuai kompetensi dan keahlian.

”Mari tunjukkan kinerja yang maksimal karena yabg dilantik ini sudah melalui seleksi dan penilaian yang matang,” kata Eman dibacakan Sompotan. (ark)

Add Comment