Tutup Diklat PIM III dan IV, Ini Pesan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut

Diklat PIM III manado, Diklat PIM IV, GS Vicky Lumentut,  Corry TendeanMANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut resmi menutup Diklat Kepemimpinan (PIM) Tingkat III dan IV Pemerintah Kota (Pemkot) Manado Pola kemitraan dengan Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2018, di ruang Serbaguna Kantor Walikota, Selasa (18/12/2018).

Menurut wali kota, selaku abdi negara dan abdi masyarakat, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) jangan hanya mengejar jabatan, tetapi tunjukan dedikasi dan loyalitas dalam melayani masyarakat.

“Jangan tanyakan apa yang saya akan dapat ketika memegang jabatan, tetapi tanyakan apa yang harus saya kerjakan ketika belum diberikan jabatan. ASN seperti ini adalah aparatur pemerintah yang baik dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik pula ketika memegang jabatan,” tegas Wali Kota Vicky Lumentut.

Dia pun berharap, para peserta Diklat Pim III dan IV mampu menerapkan proyek perubahannya dalam lingkup pekerjaan pada Perangkat Daerah masing-masing.

“Setelah tanda peserta ini dilepaskan, saudara-saudara tidak lagi sebagai siswa, tetapi siap untuk menerapkan proyek perubahan yang saudara buat sewaktu Diklat di instansi masing-masing. Saya tunggu apa yang akan saudara kerjakan. Jangan hanya cover proyek perubahan yang bagus di jilid, tapi tidak diikuti dengan kenyataan dalam pekerjaan dilapangan. Itu sangat disayangkan, dan pegawai demikian harus menyadarinya,” tandas Lumentut.

Diklat PIM III manado, Diklat PIM IV, GS Vicky Lumentut,  Corry TendeanSementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Manado Corry Tendean dalam laporannya mengatakan sasaran pelaksanaan Diklat Pim III maupun IV yang dilaksanakan dari Agustus sampai Desember 2018 ini yakni membentuk ASN yang memiliki kompetensi dan profesional sesuai bidang tugas masing-masing.

“Dalam Diklat Pim III, ke 30 peserta melaksanakan orientasi lapangan di Kota Jakarta Pusat, sedangkan 36 peserta Diklat Pim IV orienrasi lapangan di Kota Surabaya,” jelas Tendean.

Diketahui, Diklat Pim III ini diikuti 30 peserta selama 98 hari kerja di Badan Pelatihan Kesehatan, sedangkan Diklat Pim IV sebanyak 36 peserta dilaksanakan selama 100 hari kerja di Balai Pertanian Sulut.

Tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, para Asisten, serta kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Manado.(pemhum/ryan)