Gunung Soputan Kembali Erupsi, Warga Diminta Tidak Beraktifitas di Radius 4-6 Km

Gunung Soputan, Silian,Asep Saifullah,SILIAN, (mandotoday.c­o.id) – Gunung Soputan kembali erupsi. Berdasarkan data pos pemantau Gunung Soputan di Silian, erupsi pertama terjadi pada Minggu (16/12/2018) pada pukul 01.02 Wita dengan aplitudo 40 disertai suara gemuruh.

“Gunung Soputan kembali erupsi mulai pada Minggu (16/12) tengah malam sebanyak tiga kali pada pukul 01.02 Wita. Letusan kedua terjadi pukul 03:09 Wita, dengan tinggi kolom abu mencapai 3.000 meter dari puncak gunung. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam dalam seismograf dengan aplitudo 40 mm, ” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah, Minggu (16/12/2018).

Begitupun pada pukul 05:40 Wita, Gunung Soputan kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 7.000 meter dari puncak gunung.

“Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan ini mengarah ke arah barat daya,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Asep, pihaknya memberikan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Soputan dengan radius 4,5 – 6 kilometer dari puncak.

Masyarakat juga diminta untuk menyiapkan masker untuk mengantisipasi hujan abu di daerah-daerah yang terdampak.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara Ferry Uway mengungkapkan, pihaknya telah bersiaga mengantisipasi eskalasi dampak yang lebih besar dari erupsi Soputan.

“Kami sudah bersiaga di sekitar lokasi yang terdampak, dengan menyiapkan penanganan seperti pembagian masker terhadap masyarakat,” kata Uway. (ten)