Pemprov Jabar ‘Belajar’ Penanganan Rabies di Minahasa

Reporter : | 13 Des, 2018 - 2:32 am WITA

program Pengendalian Penyakit Menular ,Komisi Zoonosis, Jawa Barat, Drs. Hj. Sonny S. AdisudarmaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa menerima kunjungan kaji banding Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dalam rangka pengoptimalan program Pengendalian Penyakit Menular dan Komisi Zoonosis, di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa, Rabu, (12/12/2018).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr. Denny Mangala, MSi, bersama jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian, menerima Plt Kabiro Yangbangsos Setdaprov Jabar Drs. Hj. Sonny S. Adisudarma selaku ketua tim bersama rombongan.

Adapun maksud dan tujuan kunjungan disampaikan oleh Adisudarma, untuk mengoptimalkan pengendalian penyakit menular, mengingat banyak yang terjangkit rabies di Jawa Barat.

“Untuk itu kami ingin mengetahui cara-cara pemerintah Kabupaten Minahasa dalam menangani masalah ini,” kata Adhisudarma.

Sementara sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan Asisten Mangala menjelaskan, secara singkat mengenai gambaran umum tentang Kabupaten Minahasa serta sektor unggulan yang ada. Sektor Kesehatan menjadi sektor prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk itu seluruh rakyat Minahasa sudah di-cover BPJS Kesehatan.

Di Kabupaten Minahasa zoonosis juga merupakan salah satu masalah yang membutuhkan penanganan dari dinas terkait tetapi kasus yang ada setiap tahun menurun. Dan menjadi perhatian pemerintah pusat sehingga Kabupaten Minahasa menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan.

“Penanganan akan rabies oleh dinas terkait yaitu melakukan pengembangan program one health dan program terpadu seperti pemberian vaksin untuk mencegah dan meminimalisir rabies,” jelas Mangalah. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.