Pemkot Tomohon Gelar FGD Cari Solusi Tekan Angka Pengangguran

Asisten Perekonomian membuka kegiatan FGD
Asisten Perekonomian membuka kegiatan FGD

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Masih tingginya angka pengangguran, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mencari solusi untuk menurunkannya. Salah satunya dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema ‘’Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Kota Tomohon’’.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Tomohon Senin (10/12/2018) dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP.

‘’Hingga saat ini, masalah ketenagakerjaan masih kompleks, seperti masih tingginya angka pengangguran,’’ ujar Mentu.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Tomohon hingga akhir 2017 tercatat sebesar 8.94 persen. Ini membuat Pemkot Tomohon mencari solusi menekan angka pengangguran tersebut.

Pemerintah Kota Tomohon, narasumber dan peserta FGD
Pemerintah Kota Tomohon, narasumber dan peserta FGD

‘’Provinsi, kabupaten dan kota diamanatkan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk menyusun perencanaan tenaga kerja yang dapat memuat perkiraan persediaan tenaga kerja, perkiraan kebutuhan tenaga kerja, keseimbangan tenaga kerja dengan berbagai karakteristik, dan kebijakan yang perlu diambil untuk mencapai tujuan perencanaan meliputi kebijakan umum, kebijakan sektoral, kebijakan pengendalian angkatan kerja, kebijakan pelatihan, kebijakan penempatan tenaga kerja dan kebijakan perlindungan,’’ tandas Mentu.

Sementara Kadis Tenaga Kerja Kota Tomohon Jeane A Bolang SH MH dalam mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi ketenagakerjaan yang dapat digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan, strategi dan program pembangunan ketenagakerjaan.

Sebagai narasumber, Kabid Perencanaan Tenaga Kerja Makro Kementerian Tenaga Kerja M Cahyomadi. Turut hadir Kepala BPS Tomohon Hirsfelt Manulang SSi MSi dan para pejabat Pemkot Tomohon. (ark)