GSVL: Mari Terus Jaga Toleransi Karena Aman Itu Mahal dan Damai Itu Indah

Reporter : | 10 Des, 2018 - 1:09 am WITA

Kota Paling Toleran di Indonesia, Kota Paling Toleran di Indonesia 2018, manado kota toleran, Setara InstituteMANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) menerima penghargaan ‘Kota Paling Toleran di Indonesia’ yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, di Hotel Ashley, Jakarta, Jumat (07/12/2018).

Mendagri saat menyerahan penghargaan memuji pola kepemimpinan Wali Kota Vicky Lumentut dan Wakil Mor Bastiaan yang mampu menjaga dan mempertahankan predikat Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia. Menurutnya, wali kota terus secara konsisten membangkitkan semangat kerukunan antar umat beragama.

“Biasanya kalau sudah periode akhir ada kepala daerah yang tak bergairah lagi mempertahankan prestasi di periode pertama masa pemerintahan. Tapi Pak Wali Kota Manado beda, sebagai Mendagri saya menilai Pak Vicky patut dicontoh, yang meski disibukan dengan ragam tugas pemerintahan. Masih konsen untuk terus melakukan pendekatan kepada masyarakat khususnya tokoh agama agar tetap menjaga semangat toleransi. Ini bagus dan baik ditiru,” tukas Mendagri.

Kumolo yakin apa yang dilakukan Wali Kota Vicky Lumentut sudah berakar sampai ke masyarakat secara luas. Hal ini patut dicontoh dan ditiru daerah lainnya di Indonesia.

“Benar kata pak Wali Kota Vicky. Selama ini toleransi bukan hanya atas dasar seruan pemerintah. Tapi sudah membudaya, kiranya daerah lain di Indonesia ikuti jejak Kota Manado. Termasuk kabupaten kota di Sulut. Ayo, jangan hanya Manado daerah paling toleran. Mari bersama kita membiasakan hidup dalam suasana rukun, aman dan damai demi Indonesia lebih baik dan maju,” pungkas Kumolo.

Sementara itu, Lumentut menyatakan penghargaan ini merupakan buah kerja keras semua lapisan masyarakat, khususnya para tokoh agama atau rohaniawan di Kota Manado.

“Diraihnya kembali penghargaan Kota Toleran untuk Kota Manado, semua ini hasil kerja keras semua pihak baik pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat TNI/Polri dan kalangan insan pers dalam menjaga keamanan dan kedamaian kota. Mari kita terus menjaganya, karena aman itu mahal dan damai itu indah,” tandas Wali Kota GS Vicky Lumentut.

Diketahui, penghargaan tersebut dinobatkan oleh Setara Institute For Democracy and Peace selaku penyelenggara kegianta.(pemhum/ryan)

Baca Juga :

Leave a comment