Wujudkan Go Green dan Less Plastic City, Ketua TP PKK Bitung Serukan Diet Kantong Plastik

Reporter : | 05 Des, 2018 - 1:29 pm WITA

29ff3e77c63c2a81306861cbca6ae9f8.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Untuk mewujudkan program Go Green dan Less Plastik City, Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung menghimbau masyarakat untuk membatasi penggunaan kantong plastik saat berbelanja di Pasar.

Hal ini disampaikan Rawung pada saat mendatangi pasar Tradisional Winenet, Kecamatan Maesa Kota Bitung, untuk berbelanja kebutuhan dapur, Selasa (4/12/2018).

Rawung yang terlihat menggunakan tas belanja, pada kesempatan tersebut juga mensosialisasikan gerakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, yakni Diet Kantong Plastik yang bertujuan mengurangi sampah plastik yang menjadi persoalan global.

“Plastik memang musuh lingkungan yang belum banyak diketahui orang. Kalaupun tahu, kebanyakan memilih untuk tidak peduli atau pura-pura tidak tahu. Dibalik kemudahannya, plastik menyimpan bahaya yang menyeramkan. Bahan-bahan plastik kebanyakan mengandung racun yang tak hanya merusak tanah, tapi juga organ tubuh manusia,” jelas Rawung.

Istri Wali Kota Bitung yang juga dikenal peduli lingkungan dan masalah sosial kemasyarakatan ini memaparkan soal dampak negatif penggunaan plastik dimana ketika dibuang, kantong plastik ini butuh waktu ratusan tahun agar bisa diurai tanah. Selama waktu yang panjang itu plastik akan mencemari tanah.

“Karena itu kepada masyarakat mari membawa tas belanja sendiri saat berbelanja di pasar dengan tidak menggunakan tas plastik sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah plastik,” tutur Rawung, sembari mengingatkan para pedagang pasar tentang pentingnya diet tas plastik dan menjaga kebersihan lingkungan tempat mereka berjualan.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.