Kandouw Ajak Pengurus UKS Tingkatkan Peran Wujudkan Generasi Sehat dan Berpendidikan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, mengajak pengurus Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah (UKS/M) untuk meningkatkan peran guna terwujudnya generasi sehat dan berpendidikan. Hal itu disampaikan Kandouw, ketika menghadiri Rapat Pemantapan dalam Rangka Pembinaan dan Pengembangan Program Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah (UKS/M) serta Evaluasi Hasil Pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2018 di Hotel Gran Puri Manado, Senin (03/12/2018).

Kandouw selaku Ketua Umum Tim Pembina UKS/M Provinsi Sulut, menyampaikan bahwa kualitas sumber daya manusia sangat erat dengan sektor pendidikan dan kesehatan, karena dengan memicu pembangunan pada kedua sektor ini akan secara langsung memberikan dampak pada peningkatan sumberdaya manusia dari suatu bangsa atau daerah.

Sejalan dengan itu, dengan memperhatikan manfaat dan strategisnya peran UKS dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik.

“Kepada Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah di tingkat Kab/kota dan provinsi untuk semakin mendorong fungsi dan peran dari UKS dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang semakin sehat dan berpendidikan,” harapnya.

Lebih jauh lagi Wagub Steven menyampaikan bahwa kalau pada tahun lalu telah dicanangkan Revolusi Toilet dan itu diakui dan di apresiasi oleh media-media nasional serta pemerhati kesehatan yang ada di sulut, walaupun hanya hal yang kecil tetapi itu sangat penting sekali.

“Karena dari situ kita dapat mengajarkan dan mendisiplinkan serta mengikhtiarkan kesehatan kepada anak-anak kita, karena Kesehatan dan kebersihan juga adalah bagian dari iman,”katanya.

Pada kegiatan ini juga Wagub Steven Kandouw bersama Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS menyerahan piagam secara simbolis kepada para pemenang lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Sulut diantaranya TK GMIM Imanuel Bitung, SDN 1 Boroko Timur kab. Bolaang mongondow utara, SMP Negeri 3 Tahuna Barat Kab. Sangihe, dan SMA Negeri 3 Kota Kotamobagu.

Melalui momentum ini Wagub Steven mengajak kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin, serta jadikan kegiatan ini sebagai media sharing informasi, pengetahuan dan pengalaman, serta memantapkan tekad dan komitmen dalam memajukan sektor Pendidikan dan Kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir Kasat Pol-PP Steven Liow, para Kepala Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten/kota. (ton)