Sulut Juara Umum di POPWIL V

OD-SK
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawa arahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) berhasil menorehkan tinta emas di ajang Pekan Olahraga Pelajar (POPWIL) V Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kota Manado 27 November sampai dengan 3 Desember 2018.

Kontingen atlit Pelajar Sulut kekuar sebagai juara umum dengan perolehan medali sebanyak 18 emas, 7 perak dan 4 perunggu, atau mengalahkan kontingen dari Provinsi Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara serta Papua Barat.

Gubernur Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Daerah Provinsi Sulut yang juga Ketua Kontingen Marcel Sendoh, menyatakan bahwa keberhasilan kontingen Sulut dalam POPWIL V tahun 2018 merupakan bukti nyata OD-SK sukses melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah secara berkelanjutan.

“Dengan Pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah secara berkelanjutan saat ini, atlit pelajar Sulawesi Utara mampu menunjukkan kepiawaian, tangguh serta sulit dikalahkan di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan,” ujarnya.

Lanjut Sendoh, kesukses pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah  yang  di lakukan ODSK melalui program strategis di bidang keolahragaan sebagaimana yang dituangkan dalam RPJMD dan dilaksanakan Perangkat Daerah Sulut, telah mampu mengangkat harkat dan martabat provinsi Sulut terdepan di bidang pembangunan olahraga di kawasan Indonesia timur.

Diketahui, POPWIL V ini merupakan ajang seleksi untuk mengikuti POPNAS Tahun 2019 di Papua. Sementara kontingen atlit pelajar Sulawesi Utara menurunkan 155 atlit, pelatih serta official yang bertanding pada 8 cabang olahraga  yang di pertandingkan seperti Pencak Silat, Tenis, Tenis Meja, Bulutangkis, Bola Volly, Bola Basket, Sepak Bola dan Sepak Takraw.

Kegiatan ini sendiri diikuti 665 Atlit pelajar official yang terdiri dari Sulut 155 orang, Sulteng 151 orang, Maluku 64 orang, Maluku Utara 87 orang, Papua Barat 88 orang dan Gorontalo 120 orang.

Berikut hasil lengkap perolehan medali Popwil V tahun  2018 ( emas-perak-perunggu) sebagai berikut :
1. Sulawesi Utara        18  –  7    –  4
2. Sulawesi Tengah      8  –  12  –  8
3. Gorontalo                   5  –   8   –  6
4. Maluku Utara             1  –   2   –  12
5. Papua Barat               0  –   2   –  3
6. Maluku                        0  –   1   –  1. (ton)