Wali Kota GSVL Ceritakan Awal Mula Munculnya Ide ‘Manado Kota Berdoa’

Reporter : | 29 Nov, 2018 - 1:07 am WITA

Manado Kota Berdoa, GS Vicky Lumentut ,Mor Bastiaan, BKSAUA manado, FKUB Manado,MANADO, (manadotoday.co.id) – Untuk mempertahankan serta meningkatkan kerukunan antar umat beragama yang selama ini terjalin erat, Kota Manado dibawah komando Wali Kota GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Mor Bastiaan bersama BKSAUA dan FKUB Manado, mencanangkan ‘Manado Kota Berdoa’, di God Bless Park Manado, Rabu (28/11/2018).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota GS Vicky Lumentut menceritakan bagaimana sehingga ide untuk mencanangkan Manado sebagai Kota Doa lahir.

“Pada awal bulan November, saya dan beberapa teman-teman perwakilan golongan agama yang ada di Kota Manado melakukan ziarah rohani ke Turki, Palestina, Betlehem dan Yerusalem,”kata wali kota.

Dari kunjungan di beberapa daerah tersebut, mereka sepakat bahwa di sana agama bukanlah hal yang menjadi pertentangan satu dengan yang lain.

“Mereka hidup rukun, bahkan saya melihat di sana tidak ada sekat, yang menjadi masalah adalah tanah warisan leluhur, jadi mereka hidup bergandengan satu agama dengan agama lain dan tekun dengan agamanya masing-masing,”tuturnya.

Pada waktu itu, wali kota bersama rombongan berdiskusi bagaimana jika hal tersebut dibawa ke Kota Manado, untuk memperkuat kerukunan di kota yang dianggap sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia.

“Dan media yang bisa menyatukan itu adalah ‘doa’, karena doa diajarkan oleh seluruh golongan agama. Dari situ kami sepakat, setelah pulang ke Manado kami akan lakukan itu (pencanangan ‘Manado Kota Berdoa’),”tukas Lumentut.

“Setelah pulang ke sini, rencana tersebut di follow-up oleh BKSAUA dan FKUB saat pertemuan para pemimpin umat beragama pada tanggal 16 November, akhirnya lahirlah ‘Manado Kota Berdoa’,”sambung wali kota.

Manado Kota Berdoa, GS Vicky Lumentut ,Mor Bastiaan, BKSAUA manado, FKUB Manado,Wali kota pun mengusulkan kepada BKSAUA dan FKUB agar setiap tanggal 1 bulan baru, semua rumah ibadah dibuka saat pagi hari untuk dilakukan berdoa bersama.

“Titipan saya dua hal yang didoakan setiap tanggal 1, yaitu setiap golongan agama dengan kepercayaannya masing-masing berdoa untuk keamanan di Kota Manado, serta yang kedua adalah mendoakan Kota Manado terus menjadi kota yang rukun, damai serta menjadi kota yang semakin diberkati kesejahteraannya,”pungkas Wali Kota GS Vicky Lumentut.

Diketahui turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, Sekda Micler Lakat, Ketua TP PKK Prof Paula Runtuwene bersama Wakil Imelda Markus, para asisten, Ketua BKSAUA Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua FKUB Manado Pdt Renata Ticonuwu STh, Ketua FKDM James Karinda, jajaran Pemerintah Kota Manado dan para tokoh agama.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment