Pelayanan Samsat Pemprov Sulut Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Bapenda Sulut Olvie Atteng
Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng, ketika menerima penghargaan dari Kemenpan RB.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) dalam membangun sistem birokrasi yang kredibel dan pelayanan publik yang baik, terus mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Kali ini, Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendapatan Manado Bapenda Sulut yang dipimpin Kepala Badan Olvie Atteng, menerima Penghargaan dengan Nilai B (Kategori Baik).

Penghargaan ini hanya diterima 5 UPTD Pendapatan (Samsat) se-Indonesia. Capaian ini diraih berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik pada tahun 2018 telah melakukan evaluasi kinerja unit pelayanan publik tertentu pada pemerintah daerah terpilih.

Hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik tersebut dilaksanakan pada Selasa, (27/11/2018), di Balai Kartini Jakarta.

Terdapat enam 6 aspek yang dinilai dalam penghargaan, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik (SIPP), konsultasi dan pengaduan serta inovasi yang kemudian disilangkan untuk menghasilkan indokator dengan enam prinsip evaluasi yakni keadilan, partisipasi, akuntabilitas, transparansi, berdayaguna, dan aksesibilitas.

Seperti dikutip dari rilis Humas Kemenpanrb RI dimana Menteri PANRB, Syafruddin menjelaskan, evaluasi bukan untuk menentukan benar atau salah, bukan pula untuk menumbuhkan kompetisi yang meng-gradasi kualitas pelayanan publik dan bukan sebagai “pacuan / perlombaan” yang mendiskriminasi kualitas.

Evaluasi dimaksudkan untuk memberikan asistensi bagi kekurangan sehingga bisa diperbaiki, serta mendorong terwujudnya clean and good governance, serta lebih mendorong bagaimana pelayanan itu bermanfaat langsung bagi rakyat.

Segenap jajaran Bapenda Sulut menyampaikan terima kasih atas kerjasama seluruh tim yang tergabung dalam pelayanan satu atap Kantor Bersama Samsat, yang didalamnya bersama dengan pihak Ditlantas Polda Sulut, PT. Jasa Raharja Sulut, dan Bank SulutGo Optimis tahun 2019 mendatang, akan mendapatkan nilai A dan akan terus berprestasi untuk Sulut Hebat. (ton)