Wabup Robby Dondokambey Ikuti Pembekalan Kepemimpinan di Kemendagri

Robby Dondokambey, Pembekalan Kepemimpinan  KemendagriJAKARTA, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si (RD), bersama para pemimpin daerah lain se-Indonesia, mengikuti kegiatan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan II Tahun 2018 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), 25-28 November 2018.

Adapun tema kegiatan tahun ini adalah “Melalui Pembekalan Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya”.

Kegiatan diawali dengan laporan oleh Kepala BPSDM Kemendagri Drs. Teguh Setyabudi, M.Pd dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, SH dan dihadiri oleh pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemendagri.

Dalam sambutannya, Menteri Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bersama terkait fungsi Kemendagri dan membangun hubungan tata kelola pemerintahan daerah dan pemerintah pusat.

Selanjutnya, Mendagri juga menekankan mengenai ancaman dan tantangan mendasar yang harus diwaspadai bersama, yaitu ancaman terorisme dan radikalisme; bahaya narkoba; area rawan korupsi; perencanaan anggaran, hibah dan bansos, pajak dan retribusi, pengadaan barang/jasa serta jual beli jabatan.

Mendagri juga menegaskan pelaksanaan Konsolidasi Demokrasi/­Pelaksanaan Pilpres dan Legislatif, wajib disukseskan antara lain pemerintah daerah harus bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, lawan politik uang, serta pelaksanaan kampanye damai dan santun.

“Kesuksesan daerah bukan hanya diukur dengan selembar kertas dari BPK, tetapi bagaimana bisa meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” ujar Mendagri Tjahjo Kumolo. (rom)