E-LPPD Berbasis Aplikasi dan Website Karya Jemmy Kumendong Dapat Hasil Memuaskan Tim Penguji Diklat PIM II

Reporter : | 22 Nov, 2018 - 11:59 pm WITA

jemmy kumendong

DR. Jemmy S. Kumendong, M.Si, foto bersama DR. Makhdum Priyatno, MA sebagai Ketua Tim Penguji bersama Drs I Nyoman Marida, MS, sebagai pembimbing/pembimbing, dan Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Elektronik (E-LPPD) berbasis Aplikasi dan Website karya DR. Jemmy S. Kumendong, M.Si, mendapat hasil memuaskan dari tim penguji Diklat PIM II Angkatan XII.

E-LPPD berbasis aplikasi dan website ini, menjadi produk utama yang diajukan Kumendong, pada Diklat PIM II Angkatan XII yang dilaksanakan di gedung Melati milik Badan Pengembangan SDM Provinsi Bali, yang terletak di Kawasan Hayam Wuruk 152 Sanur Bali, Kamis (22/11/2018).

Dengan mengenakan setelan baju berdasi merah, Kumendong yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulut ini berdiri dan sesekali berjalan mengamati situasi di dalam ruang sidang yang sedang digunakan oleh perwakilan Peserta Diklat PIM II untuk memaparkan hasil karya mereka.

Tak jauh darinya, tengah duduk tenang Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang, yang sengaja dihadirkan sebagai mentor dalam momen ini, sekaligus memberikan motivasi juga semangat kepada Kumendong.

Berdiri menghadap DR. Makhdum Priyatno, MA sebagai Ketua Tim Penguji yang juga kesehariannya sebagai Ketua STIA LAN Jakarta didampingi Drs I Nyoman Marida, MS, sebagai pembimbing/pembimbing.

Walau diwarnai sedikit kendala teknis, namun Karo Jemmy segera menguasai situasi dan mulai memaparkan hasil inovasinya dalam proyek perubahan E-LPPD.

E-LPPD sendiri merupakan proyek inovasi yang bertujuan mempermudah ASN terkait dalam pengisian data LPPD secara manual; mengurangi factor human error; serta membantu pimpinan dalam menjalankan fungsi kontrol atas kinerja Perangkat Daerah (PD), yang menurut hasil evaluasi LPPD cenderung menurun dalam grafik dilima tahun terakhir.

Sebuah hasil yang berbanding terbalik dengan fakta pembangunan Sulut yang terus berkembang pesat dilapangan.

Diawali dengan keraguan namun berakhir dalam kepastian, dengan meraih hasil yang sangat memuaskan atas penilaian Tim Penguji. Dalam testimoninya, Priyatno selaku ketua Tim Penguji, menitipkan agar proyek ini terus dikawal pelaksanaannya untuk jangka panjang, karena dapat diproyeksikan bahwa inovasi ini sangat berguna bahkan mampu membawa perubahan terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Kedepan yang semakin Hebat.

Senada dengan itu, Humiang menambahkan bahwa inovasi ini telah ditetapkan dalam anggaran APBD Pemprov. Sulut 2019 untuk terus dikembangkan menjadi terintegrasi dengan program pemerintah yang serupa semisal simda dan sipeg, dan penerapannya akan dikawal hingga menjadi percontohan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sulut.

Adapun beberapa catatan dari penguji yakni Inovasi sesuai Rancangan Proyek Perubahan,  Proyek Perubahan berguna untuk Provinsi, tidak hanya SKPD, 3),  Dukungan Stakeholder kuat,  Pernyataan Dukungan Kuat, termasuk kerjasama dari rekan Pers dan JIPS dalam mempublikasikan tahapan Proyek Perubahan.

“Rancangan proyek perubahan ini bisa berhasil berkat kerja keras bersama, serta dukungan semua pihak diantaranya rekan kerja Pers dan JiPS yang selalu mendukung dalam publikasi sehingga program E-LPPD ini dapat dikenal oleh stakeholders terkait,” ujar Kumendong.

Dalam momen tersebut, Kumendong yang didampingi Danny Tamara, SSTP, M.Si selaku Kasubag Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Kapasitas Daerah, bersama DR. Mario Tulenan, S.Kom, MTi sebagai pengembang Aplikasi dan Website E-LPPD yang juga keduanya dimintai testimoni terhadap inovasi ini, mendapatkan hasil dalam kategori Sangat Memuaskan dari Tim Penilai. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment