Bupati Minahasa Sampaikan Ranperda APBD Tahun 2019

Ir. Royke Octavian Roring M.Si, APBD Tahun 2019, APBD minahasa Tahun 2019TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Ir. Royke Octavian Roring M.Si, atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa, menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa tentang APBD Tahun Anggaran 2019, dalam Rapat Paripurana DPRD Minahasa, Rabu (21/11/2018).

Turut hadir Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey,S.Si, Sekda Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M,Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala, M.Si, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, SH, mewakili Kapolres Minahasa Kasat Binmas AKP Ambo Tuwo, mewakili Dandim 1302 Minahasa Pasi Ops Lettu J. Tuju, jajaran Pemkab Minahasa serta insan pers.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa menyampaikan pengantar RAPBD merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan, namun tetap memiliki makna strategis sesuai dengan dinamika yang berkembang. Demikian halnya dengan RAPBD tahun anggaran 2019 yang mengandung beberapa pokok pikiran dengan kekhususan tersendiri, yaitu menggambarkan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, dimana sasaran program dan kegiatan akan dipertajam guna mewujudkan visi kami yakni mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Karena itu, walaupun dengan anggaran belanja yang terbatas, akan tetap memenuhi porsi yang cukup untuk belanja publik, dengan harapan akan mampu memberi multiplayer effect bagi peningkatan sektor-sektor ekonomi masyarakat. Hal inipun tetap disinergikan dengan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi.

“APBD Tahun Anggaran 2019 dibebani oleh alokasi anggaran yang bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat, sehingga kami telah mengalokasikan untuk dana duka sebesar Rp.11.200.000.000, BPJS Kesehatan gratis sebesar Rp.35.895.180.000, serta bantuan seragam untuk para siswa sebesar Rp.7.200.000.000,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan secara singkat substansi materi RAPBD TA 2019, pendapatan daerah yang berasal dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Komponen pendapatan daerah ini merupakan target pendapatan didasarkan pada potensi yang direncanakan pemasukan pada TA 2019.

“Secara keseluruhan pendapatan dalam RAPBD 2019 berjumlah sebesar Rp.1.333.201.938.509­. Dengan demikian secara keseluruhan terlihat bahwa dari sisi pendapatan RAPBD TA 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp.56.441.423.030 dibanding dengan pendapatan dalam APBD perubahan TA 2018 sebesar Rp.1.276.760.515.479­ , ” tutur Roring.

Mengakhiri pengantar nota keuangan ini, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat serta seluruh komponen bangsa di daerah ini, atas kerjasama serta dukungan yang telah diberikan. Kami berkeyakinan bahwa segala kerja dan pengorbanan kita yang dilandasi dengan ketulusan dan dijiwai semangat menuju Kabupaten Minahasa yang semakin hebat lagi, akan mampu kita lakukan.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh kepala perangkat daerah, untuk memberikan perhatian dan prioritas terhadap pembahasan-pembahasan­ yang memintakan kehadiran perangkat daerah agar proses pembahasan RAPBD TA 2019 ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan dan disepakati bersama. (rom)