Permudah Pelayanan Kependudukan ke Masyarakat, Disdukcapil Mitra Segera Pindah Kantor

Disdukcapil Minahasa Tenggara, David Lalandos AP.MM,
David Lalandos AP.MM

RATAHAN ,(manadotoday­.co.id) – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara yang berada di perkantoran blok C, segera pindah kantor ke perkantoran blok A. Hal itu untuk lebih mempermudah proses pelayanan administrasi dan kependudukan (adminduk) masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Dukcapil David Lalandos AP.MM, kepindahan kantor tersebut berdasarkan arahan dari KPK saat menyambangi Kabupaten Mitra beberapa waktu lalu, dimana agar setiap pelayanan lebih maksimal, pasalnya, kantor dinasnya berada di perkantoran blok C, membuat masyarakat masih terkendala transportasi untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Ya, memang ini arahan dari KPK saat datang di Mitra bebebrapa waktu lalu, agar pelayanan lebih efektif dan efisien, untuk itu bupati langsung memerintahkan kantor Disdukcapil segera pindah ke perkantoran blok A,”kata Lalandos.

Namun lanjutnya, saat ini masih mempersiapkan pemasangan jaringan agar bisa terhubung ke server pemerintah pusat, provinsi, termasuk kecamatan. Selain itu juga pemindahan barang-barang termasuk arsip akta dan berkas-berkas yang akan dipindahkan ke kantor baru.

“Saat ini masih akan mempersiapkan pemasangan jaringan agar bisa terhubung ke server pemerintah pusat, dan provinsi,”tuturnya.

Lalandos pun mengatakan, pada pemindahan jaringan pihaknya harus meminta permohanan pemindahan jaringan ke Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negri yang permohonannya ditandatangani langsung oleh bupati.

“Maksud permohanan pemindahan jaringan ini agar Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri dapat mengetahui link koordinat lokasi kantor dinas disdukcapil yang lama dan kantor yang baru,”jelas Lalandos.

Diketahui. kantor dinas disdukcapil yang berada di perkantoran blok C akan pindah kantor di kompleks blok A, Kantor Bupati Mitra, tepatnya di Dinas Pertanian yang juga akan pindah kantor.(ten)