Target Adipura Kota Kecil, Sekda Mitra Robby Ngongoloy Canangkan Gerakan Jumat Bersih

Reporter : | 16 Nov, 2018 - 9:30 pm WITA

91e635d9d225020d83b551a998af5d5c.0RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Mewakili bupati, Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy, SE, M.Si, mencanangkan Gerakan Jumat Bersih di Kabupaten Minahasa Tenggara, Jumat (16/11/2018).

Sekda ketika membacakan sambutan bupati mengatakan, program pencanangan Jumat Bersih ini dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Mitra dengan tujuan membersihkan lingkungan dari sarang nyamuk yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, serta penanggulangan sampah agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan serta menunjang program penilaian Adipura kategori kota kecil di Kabupaten Mitra.

“Jadi dengan dicanangkan Jumat Bersih ini kiranya dapat menajaga kebersihan lingkungan agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan,”kata sekda.

Menjaga kebersihan menurutnya, merupakan cara terbaik untuk mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan saat ini, yang harus perhatikan adalah cara membuang sampah sesuai kategorinya.

“Saya mengajak masyarakat dapat berperan menjaga soal kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan, apalagi saat ini sudah masuk pada musim penghujan,”ujarnya.

Sekda berharap, ada perhatian dari masyarakat akan saluran air dan sungai agar selalu bebas sampah,
menanam pohon, melestarikan hutan dan tidak membakar sampah sembarangan serta tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya berharap masyarakat dapat memperhatikan saluran air, jangan membuang sampah di sungai. Menanam pohon, lestarikan hutan dan jangan membakar hutan,”pinta Sekda.

Dia pun menghimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam program ini, gotong royong dan perhatian secara terus menerus akan berdampak baik bagi kita dan lingkungan kita sendiri sehingga dalam beraktifitas dapat maksimal.

“Mari saling mengingatkan dalam menjaga dan mencintai lingkungan tindakan nyata jauh lebih baik guna kenyamanan dan kebersihan lingkungan,”ajaknya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dr Tommy Soleman, meminta agar masyarakat dapat merubah pola pikir karena sampah akan berdampak negatif bagi kesehatan.

“Kesadaran masyarakat sangat penting dengan adanya pencanangan Jumat Bersih ini dapat merubah pola pikir masyarakat tentang pembuangan sampah di Mitra,”tutup Soleman.

Pada kesempatan itu ,sekda, asisten I dan III beserta kepala badan lingkungan Hidup menyerahkan secara simbolis SK Bupati tentang gerakan Jumat Bersih, sekaligus menyerahankan peralatan kebersihan secara simbolis kepada perwakilan perangkat daerah, dharma wanita,TP PKK, TNI/Polri, pihak swasta, perbankan, omas, LSM dan wartawan.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment