Pemprov Sulut Optimalkan Pengelolaan Kependudukan

edison humiang
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang didampingi Kadisdukcapil dan KB Sulut dr. Bahagia Mokoagow dan Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lansia BKKBN RI, Widati, pada pembukaan Sosialisasi Kebijakan di Bidang Bina Keluarga Balita dan Pembinaan Ketahanan Remaja yang digelar di Ruang C.J. Rantung.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan, Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) akan mengoptimalkan pengelolaan kependudukan. Hal itu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang, ketika membacakan sambutan terulis Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, pada Sosialisasi Kebijakan di Bidang Bina Keluarga Balita dan Pembinaan Ketahanan Remaja yang digelar di Ruang C.J. Rantung, Selasa (13/11/2018).

Menurut Humiang, penduduk merupakan titik sentral kegiatan pembangunan. Pembangunan tidak akan berhasil apabila tidak memasukkan unsur kependudukan, kesehatan reproduksi dan pembangunan sumber daya manusia.

Karenanya menurut Humiang, ada tiga aspek pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan penduduk atau kependudukan di Sulut, yakni  pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial yang seimbang, pengendalian pertumbuhan penduduk dan pengelolaan lingkungan hidup senantiasa diharuskan dapat dikelola secara terintegrasi.

Lanjut Humiang, mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, kebijakan kependudukan tengah diarahkan dan difokuskan pada Pengendalian Penduduk melalui Program Keluarga Berencana.

“Kebijakan kependudukan juga telah ditindaklanjuti melalui Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Penduduk dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga,” imbuh Humiang.

Humiang berharap, terlaksananya kegiatan sosialisasi ini dapat membuka wawasan semua pihak terkait Program pembangunan kependudukan di Sulut.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Kadisdukcapil dan KB Sulut dr. Bahagia Mokoagow dan Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lansia BKKBN RI, Widati. (ton)

Add Comment