Olly Dorong Pengembangan Industri Kelapa Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey, terus mendorong pengembangan kelapa sebagai komoditas unggulan daerah penggerak ekonomi dan kesejahteraan rakyat Sulut. Hal itu diwujudkan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulut dengan mengumpulkan segenap stakeholder dalam pertemuan Sistem Simpul Jaringan Daerah Berbasis Produk Unggulan Daerah yang bertemakan ‘Pengembangan klaster kelapa di Sulut dalam rangka palm teaching industrial dan ekowisata sains tekno palma’ di Hotel Ibis Manado, Senin (12/11/18).

Olly melalui Kaban Balitbangda Sulut Jemmy Lampus, mengatakan, sistem Simpul Jaringan dihadirkan dengan maksud menghasilkan inovasi terlebih mengembangkan Klaster Inovasi Kelapa melalui kolaborasi antar berbagai pihak yakni pemerintah, akademisi, media, perbankan, organisasi pemerintah dan organisasi sosial serta kelompok masyarakat.

“Pak Gubernur (Olly) terus mendorong pengembangan industri kelapa Sulut,” ujar Lampus.

Diketahui, pada acara tersebut diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber Dr. Stevie Karouw, STP, M.Sc dari Balit Palma Sulut yang membawakan topik Taman Sains Pertanian Bio Industri Palma juga ada Ketua LPPM Unsrat sekaligus Tim Klaster Kelapa Sulut Dr. Dedie Tooy, M.Si membawakan topik Teaching Industrial Palma.

Nampak hadir pada kegiatan itu, Kadis maupun perwakilan dari Dinas Perkebunan, Disperindag, Bapelitbangda, BPTP, Dinas Pertanian, Akademisi, APKI, APINDO, seluruh Kabupaten/Kota di Sulut. (ton)