Talumewo: Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di RPH Bailang Akan Terus Dikembangkan

Pembangkit Listrik Tenaga Biogas manado,  RPH Bailang ,  Kepala DPKP Kota Manado ,Nolfie Talumewo
Kepala DPKP Kota Manado Nolfie Talumewo

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Manado Nolfie Talumewo, mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas yang terletak di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bailang, akan terus dikembangkan agar supaya berkelanjutan.

“Kami akan upayakan agar berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga nanti akan ada petugas yang akan dibina dan dididik untuk menjaga dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas ini,”tukas Talumewo, usai acara serahterima Pembangkit Listrik Tenaga Biogas, Jumat (9/11/2018).

Lanjutnya, Pembangkit Listrik Tenaga Biogas merupakan salah sumber energi terbarukan yang sangat ramah lingkungan, karena memanfaatkan kotoran hewan dan limbah pertanian untuk diubah menjadi energi listrik.

“Meski saat ini hanya mampu menghasilkan listrik sebesar 5.000 watt, namun kedepan akan dikembangkan agar bisa dipakai oleh masyarakat di sekitar RPH Bailang dan tempat-tempat umum contohnya tempat ibadah,”jelas Talumewo.

Selain itu, lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Biogas ini juga akan dimanfaatkan sebagai home education dan eco-tourism.

“Agar jika ada masyarakat atau siswa-siswa yang ingin menambah pengetahuan bisa mengunjungi lokasi ini, apalagi view-nya di sini juga sangat indah,”pungkas Kepala DPKP Kota Manado Nolfie Talumewo.(ryan)

Add Comment